Marka Jalan Bercahaya Mulai Digunakan di Belanda

Berita Otomotif

Marka Jalan Bercahaya Mulai Digunakan di Belanda

AMSTERDAM - Kini berkendara di malam hari di Belanda tidak perlu khawatir meski tanpa lampu penerangan jalan. Sebab pemerintah Belanda sudah membuka marka jalan yang bisa mengeluarkan cahaya.

Pemerintah Belanda mulai membuka jalan berpelengkap marka jalan warna-warni di Oss provinsi Noord Brabant. Lokasi itu juga sekaligus digunakan untuk pilot project (uji coba).

Dilansir oleh gizmag, untuk mengwujudkan recana itu, Pemerintah bekerjasama dengan perusahaan Roosegararde dan Heijmans Infrastructure.

Konsep marka jalan bercahaya itu bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan keselamatan di jalan serta mengurangi penggunaan listrik di jalan-jalan. Agar bisa bercahaya, marka jalan menggunakan cat khusus yang mampu bersinar pada malam hari sampai 10 jam lamanya.

Proyek tersebut sebenarnya mulai dikembangkan sejak tahun 2012. Marka jalan bercahaya itu sendiri telah dikembangkan melalui beberapa tahap uji coba untuk mengetahui daya tahan dan pengalaman pengguna. Uji coba bertahun-tahun itu dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif cat pada saat udara panas dan dingin atau sangat dingin.

Menariknya proyek tersebut bisa mengisi baterai mobil listrik. Namun yang menjadi prioritas adalah marka jalan yang mampu mengeluarkan cahaya demi keselamatan pengguna jalan. [Ikh/Idr]

Cek Daftar Mobil Baru dan Mobil Bekas



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual