Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Manusia, Predator Utama Penyu

Berita Otomotif

Manusia, Predator Utama Penyu

BERAU - Salah satu keindahan kabupaten Berau, pulau Sangalaki, tak luput dari perhatian rombongan "Terios 7-Wonders Borneo Adventure". 

Di pulau seluas 208 hektar ini Daihatsu membantu konservasi penyu yang ditangani oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Berau berupa pembangunan 1 kolam untuk habitat tukik serta beberapa papan informasi mengenai penyu.

"Anda bisa bayangkan dari seekor penyu menelurkan sekitar 100 telur dengan tingkat keberhasilan 80%. Lalu dari seribu tukik yang sukses menjadi penyu dewasa hanya 1," ujar I Ketut Sukana dari BKSDA Berau.

"Hal ini sangat memprihatinkan. Banyak tukik dimangsa oleh kepiting, hiu, gurita, manusia dan burung. Rusaknya habitat penyu menjadi penyebab berkurangnya lokasi penyu bertelur."

Oleh sebab itu dia mengajak masyarakat untuk tidak meniagakan, memburu dan memakan penyu demi keseimbangan ekosistem alam.

"Manusia merupakan predator terbesar penyu. Jadi konservasi menjadi tanggungjawab kita bersama," tutupnya.

Dari 7 jenis penyu di dunia, penyu hijau dan penyu sisik menempati pulau Sangalaki. [Idr/Adi]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang