Mantap, Indonesia Bisa Gelar MotoGP Musim 2017-2021

Berita Otomotif

Mantap, Indonesia Bisa Gelar MotoGP Musim 2017-2021

JAKARTA - Kabar menggembirakan akhirnya datang bagi para penggila MotoGP di Indonesia. Indonesia berpotensi menjadi tuan rumah balapan para raja ini mulai 2017 mendatang.

Hal itu muncul saat perwakilan dari Dorna Sports, Pemerintah Indonesia, dan Sirkuit Sentul mengadakan pembicaraan terkait potensi Indonesia.

Mimpi untuk menggelar MotoGP pun makin dekat.

"Bagi kami, adalah kenikmatan besar untuk berada di sini. Indonesia telah dimasukkan dalam rencana kami untuk waktu yang lama. Ini adalah negara besar dengan pertumbuhan yang tinggi di sektor penjualan sepeda motor. Ini adalah negara yang penting bagi kami," kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

"Alasan mengapa kami di sini adalah karena Pemerintah Indonesia tertarik untuk menjadi tuan rumah balapan MotoGP. Kami kemudian menjelaskan apa persyaratan infrastruktur yang diperlukan yang harus dipenuhi, termasuk homologated sirkuit," lanjutnya.

Ezpeleta lalu memaparkan kalau Indonesia bisa saja diberikan tempat di kalender MotoGP dari 2017 ke 2021.

"Tujuannya agar negara ini bisa menjadi tuan rumah MotoGP. Tapi, Indonesia akan memiliki balapan jika mereka memenuhi semua persyaratan," jelas dia.

"Sirkuit Sentul perlu banyak perbaikan. Kami telah melihat banyak sirkuit yang menjadi tuan rumah dan melakukan banyak pengubahan. Apakah mungkin bagi Indonesia untuk memperbaiki atau membangun sirkuit baru? Kami berharap pemerintah bisa menindaklanjuti ini segera. Yang pasti kami akan memberikan dukungan yang diperlukan untuk membuat acara sukses."

Di sisi lain, Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya memaparkan kalau pada dasarnya kedua belah pihak telah menyatakan minatnya untuk menyelenggarakan balapan MotoGP di 2017 di negeri ini, dan bahwa Memorandum of Understanding (MoU) akan mengikuti tiga bulan ke depan.

"Tidak ada kontrak penandatanganan hari ini. Tapi yang pasti adalah kedua belah pihak tertarik untuk menggelar MotoGP di Indonesia. Mari kita berharap bahwa Hari Kebangkitan Nasional bisa menjadi tonggak bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP," kata dia.

Sementara itu, Direktur Sentul International Circuit, Tinton Soeprapto, mengakui kalau antusias tentang rencana Indonesia untuk menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada tahun 2017. Ia berjanji bahwa pihaknya bisa melakukan semua tugas dan tanggung jawab yang digariskan oleh Federasi Internasional Motor (FIM) .

"Mari kita semua membangun rencana ini bersama-sama. Tanpa bantuan Anda, itu tidak mungkin untuk menjadi terjadi," pungkasnya.

Terakhir Grand Prix Indonesia berlangsung di Sirkuit Sentul pada tahun 1997 ketika Valentino Rossi mengambil kemenangan di kelas 125cc, dengan Mick Doohan memenangkan lomba 500cc. [Syu/Idr]

Temukan motor idaman Anda di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual