Mandiri Utama Finance Hadirkan Pembiayaan Otomotif Berbasis Syariah

Berita Otomotif

Mandiri Utama Finance Hadirkan Pembiayaan Otomotif Berbasis Syariah

JAKARTA – Mandiri Utama Finance (MUF) memperluas cakupan layanan dan pasar mereka dengan meluncurkan pembiayaan otomotif berbasis syariah.

Stanley Setia Atmadja, Direktur Utama MUF, menjelaskan bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap pembiayaan kendaraan berbasis syariah pun semakin tinggi. Jumlah umat muslim yang sangat besar di Tanah Air pun membuat produk semacam ini memiliki potensi pasar amat masif sehingga MUF memutuskan untuk menghadirkan produk bernama MUFSyariah bagi mobil maupun sepeda motor.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk muslim di Indonesia hampir 88 persen dari total penduduk, dengan jumlah mencapai sekitar 232 jiwa... Kami dari MUF melihat ini saat tepat meluncurkan pembiayaan berbasis syariah,” papar Stanley dalam seremoni peluncuran MUFSyariah pada Selasa (18/9/2018) di Jakarta.

MUFSyariah telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang ditandangani pada 27 April 2018. MUFSyariah juga dimonitor oleh Dewan Pengawas Syariah yang direkomendasikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“(Dewan ini) melakukan pengawasan, pendampingan, dan saran terhadap prinsip-prinsip pembiayaan syariah di MUF,” ujar Stanley.

MUFSyariah menggunakan murabahah. Melalui skema ini, MUFSyariah diklaim bebas riba dan memberikan transparansi bagi konsumen mengenai harga beli, harga perolehan kepada konsumen, hingga margin keuntungan bagi perusahaan.

Adapun tenor pembiayaan yang ditawarkan tersedia sampai dengan lima tahun. Proses pengajuan kredit dijanjikan mudah serta cepat.

MUF bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri untuk program MUFSyariah. Kolaborasi keduanya, menurut Stanley, mulai dari pembiayaan, pendanaan, pemasaran produk, edukasi serta literasi syariah, dan lain-lain.

“Kami memastikan bahwa semua unsur pembiayaan sesuai dengan prinsip Islam,” tambah Yunahar Ilyas, Ketua Dewan Pengawas Syariah MUF.

Delapan Lokasi
Di awal kehadirannya, MUFSyariah baru ditawarkan di delapan kantor cabang MUF yang berada di delapan kota. Delapan lokasi itu adalah Jakarta Duren Tiga, Tangerang, Subang, Magelang, Kediri, Gresik, Surabaya, dan Pekanbaru.

Stanley menjelaskan MUF berencana memperluasnya ke seluruh kantor cabang mereka yang berjumlah 111 di seluruh Indonesia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support