Mandiri Utama Finance Akan Luncurkan Kredit Kendaraan DP 0 Persen

Berita Otomotif

Mandiri Utama Finance Akan Luncurkan Kredit Kendaraan DP 0 Persen

JAKARTA – Mandiri Utama Finance (MUF) bakal mematangkan dan meluncurkan skema kredit kendaraan dengan uang muka (Down Payment/DP) 0 persen, sejalan dengan rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Seperti diberitakan sebelumnya, OJK mempunyai wacana meniadakan batas minimal DP kendaraan yang tercantum dalam POJK No. 29/POJK.05/2014. Dengan demikian, kredit mobil maupun sepeda motor nantinya bisa diberikan DP 0 persen, tidak lagi 20 persen bagi roda dua dan 25 persen bagi roda empat.

Stanley Setia Atmadja, Direktur Utama MUF, menjelaskan bahwa DP 0 persen membutuhkan kehatian-hatian ekstra dari perusahaan pembiayaan. Pasalnya, volume yang didapat bisa makin meningkat namun risiko kredit macet pun lebih tinggi.

“Secara potensi pasar (yang bisa diraih) pasti lebih besar. Tapi, secara kualitas kredit, hal itu punya satu tantangan tersendiri. Jadi, untuk saat ini, kami belum menentukan atau meluncurkan kredit dengan DP 0 persen,” ujarnya Stanley menjawab pertanyaan Mobil123.com usai seremoni peluncuran produk pembiayaan MUFSyariah pada awal pekan ini di Jakarta.

Meski demikian, MUF tidak menutup kemungkinan untuk menghadirkan program pembiayaan kendaraan dengan DP 0 persen. Satu yang harus dipastikan oleh MUF adalah program DP 0 persen mesti mempunyai proses persetujuan kredit sangat baik karena risikonya besar pula.

Stanley menjelaskan kredit DP 0 persen bisa dilakukan salah satunya melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang sistem adminstrasi penggajian karyawan atau payroll-nya melalui Bank Mandiri. Jadi, setiap bulan gaji karyawan akan dipotong langsung oleh sistem untuk membayar kredit kendaraan yang telah disetujui.

“Kami akan matangkan dan luncurkan itu. Kerja sama dengan Bank Mandiri akan diatur. Itu, kan, nasabah Bank Mandiri dan MUF hanya di belakang. Begitu Bank Mandiri siap menawarkan, MUF ada di belakang,” tandas Stanley. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual