Lupakan Esemka Garuda, SUV Tetangga Ini Lebih Canggih

Mobil Baru

Lupakan Esemka Garuda, SUV Tetangga Ini Lebih Canggih

 

 

TANJUNG MALIM – Kendaraan pertama Proton X50 telah keluar dari pabrik Proton di Tanjung Malim, kemarin (15/9). Proton X50 merupakan produk baru kedua yang dihasilkan dari kemitraan antara PROTON dan Geely setelah Proton X70.

Proton X50 dibangun di atas platform BMA (B-segment Modular Architecture) Geely Group yang juga mendukung produk-produk dari Geely dan Volvo. Proton X50 akan menampilkan mesin turbo, gearbox DCT (kopling ganda) 7-speed, serta sistem bantuan pengemudi canggih generasi berikutnya.

Produk terbaru Proton X50 bernama Geely Bin Yuen di China atau Geely Coolray di beberapa negara. Sementara Proton X70 bernama Geely X7 Sport.

Sebagai kendaraan rakitan lokal, memproduksi Proton X50 di Tanjung Malim akan menguntungkan komunitas vendor otomotif Malaysia, dengan niat belanja diperkirakan berjumlah setidaknya RM 1,8 miliar per tahun. Dengan RM1 miliar lagi dalam pembelian suku cadang untuk Proton X70, kontribusi tahunan gabungan untuk vendor otomotif oleh dua SUV PROTON akan berada di wilayah RM2,8 miliar.

proton x50

Dengan penambahan model baru ini, PROTON berharap dapat melanjutkan lintasan pertumbuhannya. Pada Agustus 2020, perusahaan adalah satu-satunya merek otomotif yang meningkatkan volume penjualannya dari tahun sebelumnya karena industri menghadapi penurunan penjualan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

proton x50 2020

“Sebagai perusahaan yang memproduksi secara lokal, pertumbuhan PROTON berarti lebih banyak uang disuntikkan ke dalam ekosistem vendor otomotif Malaysia yang mengarah pada lebih banyak lapangan kerja dan penciptaan kekayaan. Ini penting pada saat COVID-19 telah secara signifikan menghantam perekonomian Malaysia," kata Dato 'Sri Syed Faisal Albar – Chairman of PROTON.

Tentang Geely Coolray

Inilah SUV kompak pertama Geely dengan arsitektur BMA yang diklaim menetapkan standar baru dalam konfigurasi dan teknologi untuk SUV kecil global dengan gen muda, modis, cerdas, dan sportif.

Di China Coolray dijual dalam pilihan mesin 1.000cc turbo bertenaga 134 HP dan 1.500c turbo bertenaga 174 HP. Masing-masing menyodorkan torsi 205 Nm pada 2000-3000 rpm dan    255 Nm pada 1500-4000 rpm.

Transmisi 1.0T adalah manual 6-speed, sementara transmisi 1.5T berupa 7-speed DCT. Konsumsi BBM masing-masing 18,9 km/liter dan 16,4 km/liter.

Beberapa fitur canggih yang dimiliki Geely Coolray adalah sebagai berikut:

  • BSD Blindspot Detection Function
  • LKA+LDW Lane Keep Assist and Lane Departure Warning
  • AEB-P Automatic Emergency Brake with Pedestrian Recognition
  • Bantuan parkir otomatis penuh dengan kamera 3600 sehingga memungkinkan pengemudi memarkir mobil secara parallel atau seri hanya dengan menekan sebuah tombol

Setelah keluar dari pabrik, maka mulai hari ini (16/9) Proton membuka keran pemesanan (booking order) untuk Proton X50. Booking fee Proton X50 sendiri RM500 atau sekitar Rp 1,8 juta. [Idr]

[Baca juga Jokowi Ungkap Pengalaman Disopiri Mahathir Pakai Proton]

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar