Libur Panjang Akhir Oktober, Polisi Terapkan One Way ke Anyer

Berita Otomotif

Libur Panjang Akhir Oktober, Polisi Terapkan One Way ke Anyer

JAKARTA – Kepolisian benar – benar bersiap mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas menuju lokasi wisata di luar kota, yang diakibatkan libur panjang pada akhir Oktober 2020 mendatang.

Seperti diketahui, Kamis (29/10/2020), merupakan hari libur nasional untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pemerintah kemudian menetapkan cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober 2020, yang jatuh pada hari Rabu dan Jumat.

Kebijakan ini menyebabkan adanya libur panjang pekan depan. Aktivitas perkantoran secara total akan pere selama lima hari, dari 28 Oktober hingga 1 November.

Jalur – jalur menuju tempat wisata diduga akan dipadati kendaraan. Termasuk Anyer.


Karena itulah, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Resor) Cilegon memastikan adanya sistem one way secara situasional di jalur menuju Anyer pada libur panjang akhir Oktober nanti. Rekayasa lalu lintas ini dimulai dari Jalan Lingkar Selatan (JLS), menuju kawasan Anyer.

Sistem one way bakal diberlakukan secara situasional. Jaraknya pun nantinya disesuaikan dengan keadaan.

“Anstisipasi untuk mengurai kepadatan kita berlakukan sistem one way, kita lihat situasi kondisi, kalau misalnya antrean masuk sudah sampai Chandra Asri kita laksanakan one way pendek, kalau masuk sampai JLS kita laksanakan one way panjang,” kata AKP Ali Rahman, Kasat Lantas Polres Cilegon seperti dikutip dari situs NTMC Polri.

Kepolisian belum selesai memperhitungkan kapan puncak kepadatan di Anyer. Berbagai data masih dikumpulkan, seperti okupansi hotel serta penginapan yang ada di sana.

Ketika data sudah terkumpul, polisi segera menyusun langkah antisipasi kemacetan.

“Prediksi kepadatan di Anyer masih kita pantau dan kita pantau okupansi hotel di Anyer sehingga kita bisa memperkirakan kepadatan ke jalur wisata,” jelas Ali lagi.

Sejalan dengan hal tersebut, Polres Cilegon juga sudah mempersiapkan jumlah personel yang akan diturunkan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas. Selain dari Polres, pasukan pengurai kemacetan dari Polda Banten akan diturunkan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas.

“Kalau untuk long weekend nanti gabungan, bagiannya nanti ada Reskrim dan lain-lain. Kalau dari Polres Cilegon kita terjunkan 73 anggota lantas dan ditambah satgas Raicet 2 regu sekitar 24 orang,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar