Libur Panjang, One Way Jalan Tol akan Disiapkan untuk Atasi Kemacetan

Berita Otomotif

Libur Panjang, One Way Jalan Tol akan Disiapkan untuk Atasi Kemacetan

JAKARTA – Jelang libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, Kepolisian bersiap untuk melakukan rekayasa lalu lintas, termasuk contraflow dan one way di jalan tol Trans Jawa.

Hal ini disampaikan oleh Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Untuk melakukan ini, Ia menyebut akan melakukan koodinasi dengan sejumlah pihak guna memastikan arus lalu lintas tetap aman.

“Kami sudah menyiapkan skenario contraflow maupun one way. Tentu saja ini akan dikoordinasikan dengan pihak Korlantas karena sangat terhubung dengan Polda Jabar untuk pengamanan di jalan tolnya termasuk juga skenario-skenario misalnya apabila penutupan elevated dan sebagainya tapi ini sifatnya situasional nanti kita lihat perkembangan situasi di lapangan,” ungkapnya.

Ia pun mengatakan bahwa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah memetakan sejumlah titik rawan kemacetan. Dengan data ini maka diharapkan langkah-langkah yang diambil untuk mengurai kemacetan akan lebih efektif.

“Titik rawan kemungkinan nanti ada di Cawang, terus Km 10 yang kenaikan elevated (Tol Jakarta-Cikampek), kemudian Cikarang Barat, termasuk juga di Cikarang Utama untuk wilayah Polda Metro,” ungkapnya.

one way
Sejumlah Rest Area juga akan menjadi perhatian utama karena umumnya kemacetan terjadi di titik-titik tersebut. Hal ini karena banyaknya pengemudi kendaraan yang beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

“Tentu nanti termasuk rest area Km 19, kemudian justru arus baliknya yang kita perkirakan cukup padat, pertemuan dari arah Bandung dan dari arah Jakarta di Km 62, kemudian juga di rest area dan juga sebagainya, tentu akan kita perkuat di sana,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dirlantas memperkirakan puncak arus mudik libur panjang terjadi pada Selasa (27/10) malam hingga Rabu (28/10) pagi. Sedangkan arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (1/11).

“Tanggal 28, 29, 30, 31 (Oktober) hari mulai Rabu-Minggu kita akan melaksanakan libur panjang. Puncak arus mudik liburan kemungkinan terjadi pada hari Selasa (27/10) malam sampai Rabu (28/10) pagi. Kemudian puncak arus balik terjadi pada hari Minggu (1/11) hingga Senin (2/11) Subuh,” jelasnya.

Pemerintah telah menetapkan bahwa cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020. Meski diberikan cuti bersama, diharapkan masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan guna menghindari terjadinya penularan virus Covid-19. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar