Lebaran Masih Jauh, Polisi Sudah Lakukan Persiapan Operasi Ketupat

Berita Otomotif

Lebaran Masih Jauh, Polisi Sudah Lakukan Persiapan Operasi Ketupat

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia mulai melakukan persiapan untuk Operasi Ketupat 2020.

Operasi ini rutin digelar saat musim mudik dan persiapan tahun ini diharapkan bisa lebih matang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Terlebih, mudik tahun ini diperkirakan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi akan meningkat. Beberapa titik akan mendapat perhatian khusus dari Kepolisian.

“Untuk wilayah Jabar arus mudik akan terbebani di Tol Elevated Km 48, kemudian agar dipersiapkan untuk antisipasi di Bottle Neck pada KM 47, semua kendala seperti kehabisan bensin dan penerangan juga harus disiapkan langkah-langkahnya. Skenario yang harus dipersiapkan secara matang yaitu One Way Km 70-414 Kalikangkung yang akan diberlakukan secara situasional,” ungkap Irjen Pol Istiono, Kakorlantas Polri.

Tak hanya itu, Ia juga mengingatkan sejumlah titik yang diperkirakan akan terjadi penumpukan. Salah satunya adalah KM 66 yang merupakan titik pertemuan arus kendaraan dari arah Bandung dan Jawa Tengah. Untuk itu, Ia berharap jajarannya untuk melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

“Seluruh jajaran di kewilayahan juga harus sering melakukan rakor dengan instansi terkait, guna memudahkan Koordinasi untuk meningkatkan sinergitas dan mendapatkan pengamanan yang siap pada pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2020,” tegas Kakorlantas.

Operasi Ketupat merupakan operasi yang rutin dilakukan untuk mengawal keamanan dan keselamatan selama bulan Ramadhan hingga ritual mudik Lebaran. Umumnya pihak Kepolisian menyiagakan personilnya di berbagao wilayah dan melakukan beragam upaya untuk menjaga ketertiban. Diharapkan dengan lebih awalnya koordinasi yang dilakukan, maka Operasi Ketupat dapat berjalan dengan lebih baik dibanding sebelumnya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar