Kuartal I 2016 PT Gajah Tunggal Dapat Rp 3,449 triliun

Berita Otomotif

Kuartal I 2016 PT Gajah Tunggal Dapat Rp 3,449 triliun

JAKARTA – Pada kuartal pertama tahun 2016, PT Gajah Tunggal Tbk berhasil meraih penjualan bersih sebesar Rp 3,449 triliun.

 

Jumlah tersebut meningkat 11,8% dibanding periode yang sama tahun lalu dengan perolehan sebesar Rp 3,075 triliun. Peningkatan ini tidak terlepas dari besarnya jumlah ekspor ban radial, ban bias dan ban sepeda motor

Tercatat, penjualan ekspor PT Gajah Tunggal menjadi kontributor terbesar dengan pertumbuhan sebesar 16% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu pasar ban pengganti di dalam negeri juga sudah mulai pulih dengan tumbuhnya pasar sebesar 13,1% dibanding kuartal pertama 2015.

Sayangnya, pertumbuhan tersebut tida dapat diikuti oleh penjualan di pasar OEM. PT Gajah Tunggal harus iklas ntuk melihat penjualannya turun sebesar 9,3% dari tahun ke tahun. Penurunan ini merupakan dampak dari lesunya penjualan mobil baru belakangan ini.

Namun, margin laba kotor PT Gajah Tunggal berhasil meningkat dari sebelumnya hanya 17,9% pada kuartal pertama tahun lalu kini meningkat menjadi 23,9% di kuartal pertama 2016. Hasil ini berhasil diraih karena harga bahan baku menurun.

Peningkatan margin laba kotor pun berdampak positif pada margin usaha yang tumbuh dari sebelumnya 6,0% di kuartal pertama 2015 menjadi 11,9% di kuartal pertama tahun 2016. Berkat penguatan Rupiah belakangan ini, PT Gajah Tunggal pun berhasil meraih laba bersih sebesar Rp 338 miliar di kuartal pertama tahun 2016, jauh lebih baik dibanding cacatan kuartal pertama tahun 2015 yang justru mengalami rugi bersih sebesar Rp 290 miliar. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support