KTB Beri Pelatihan Pada Puluhan Guru SMK

Berita Otomotif

KTB Beri Pelatihan Pada Puluhan Guru SMK

CIKARANG - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso di Indonesia memberikan memberikan pelatihan otomotif bagi guru SMK.

Kegiatan ini dilaksanakan di Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC) yang bertempat di Cikarang dan Kebumen pada 16 – 26 April 2018. Sedikitnya, ada 21 orang guru dari 11 SMK di Indonesia yang ikut serta.

Para guru ini berasal dari 11 SMK di Indonesia yaitu SMK Mandiri Medan, SMK PGRI 2 Palembang, SMK Muhammadiyah 2 Metro Lampung, SMKN 1 Jakarta, SMKN 55 Jakarta, SMK Bina Karya Mandiri 2 Bekasi, SMK Assalam Bandung, SMKN 5 Surakarta, SMKN 1 Singosari, SMK Bakti Bangsa Banjarbaru dan SMK Darussalam Makassar.

Dalam kegiatan ini, para guru mendapat pelatihan Fuso Service Technician Education Program  (F-STEP) 1 plus. Program ini adalah program wajib bagi seluruh mekanik Fuso di dunia dan mempelajari tentang dasar-dasar mesin, chassis, electrical, engine tune up, PDI, free service hingga perawatan berkala.

Tak hanya itu, mereka pun juga dibekali dengan cara membaca dan menggunakan workshop manual, prosedur pembongkaran & perakitan engine, transmisi, differential, pengukuran engine, K3 & housekeeping, serta fungsi dan penggunaan equipment dan measurement tools. Pembekalan ini dinilai perlu dilakukan karena mereka harus menyalurkan ilmu tersebut kepada murid-muridnya di sekolah mereka masing-masing.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para guru akan mampu dan terampil memainkan perannya dihadapan para peserta didik, sehingga mutu pendidikan akan menjadi lebih baik dan para siswa akan mendapat bekal ilmu dan keterampilan yang memadai untuk memasuki dunia kerja.

“Program ini merupakan salah satu wujud komitmen KTB untuk terus memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia. Sejak tahun 2014, KTB telah memberikan bantuan berupa 29 kendaraan praktek dan pelatihan otomotif kepada 40 orang guru dan + 1.080 siswa SMK di Indonesia,” tutur Fahrurozi, Head of Service Training Department KTB. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar