Kriteria Mobil Keluarga yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Panduan Pembeli

Kriteria Mobil Keluarga yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

JAKARTA – 2023 beberapa bulan lagi akan berakhir dan liburan akhir tahun akan segera tiba. Sebagian masyarakat Indonesia pun bakal mencari mobil yang cocok untuk bepergian bersama keluarga.

Dengan makin bagusnya infrastruktur jalan tol di Indonesia, jalur transportasi darat kini semakin dilirik para keluarga yang ingin bepergian di masa liburan. Termasuk liburan akhir 2023 ini.

Bagaimana tidak, pemerintah gencar membangun jalan tol Trans Jawa, Trans Sumatera, Trans Kalimantan, hingga Tol Trans Sulawesi. Waktu tempuh untuk bepergian ke berbagai kota dengan mobil pribadi pun terpangkas.

jalan tol trans sulawesi

Maka itu, tak heran seandainya di akhir tahun kebutuhan terhadap mobil baru makin membesar. Salah satu tujuannya adalah untuk dipakai berpelancong bersama dengan keluarga untuk merayakan tahun baru di berbagai lokasi wisata.

Artikel kali ini akan membahas kriteria mobil yang cocok untuk digunakan pada liburan akhir tahun. 

Mobil yang Cocok untuk Liburan Harus Punya Apa?

mobil yang cocok untuk liburan

Berikut ini adalah beragam syarat yang harus ada pada mobil yang akan Anda pakai untuk liburan, berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber:

Kapasitas Kabin dan Bagasi Lega

Mobil keluarga untuk liburan akhir tahun harus punya kapasitas bagasi dan kabin yang leluasa. Dengan karakter masyarakat Indonesia yang ‘kekeluargaan’, tak heran mobil keluarga yang muat banyak penumpang maupun barang seperti multi purpose vehicle (MPV) masih menjadi salah satu opsi terfavorit, meski sport utility vehicle (SUV) kini juga makin menjadi tren.

Fitur-fitur yang Mengakomodasi Kebutuhan

Mobil yang cocok untuk liburan juga perlu memiliki fitur yang mengakomodasi kebutuhan keluarga. Mobil yang value for money (memiliki nilai serta fitur yang sesuai atau melebihi harga) juga perlu menjadi pertimbangan.

Mesin dan Performa Mumpuni

Sebagai mobil keluarga yang akan digunakan untuk perjalanan jarak jauh ketika berlibur, mesin dan performa mobil merupakan faktor yang juga harus diperhitungkan. Carilah mobil dengan mesin andal.

Wuling Cortez, Opsi Mobil MPV yang Cocok untuk Liburan

Wuling Cortez

Dari syarat-syarat mobil keluarga di atas, Wuling Cortez bisa menjadi salah satu opsi yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi mobil yang dipakai berlibur di akhir tahun.

Sebagai MPV, Cortez tentunya muat tujuh penumpang, dengan keberadaan ruang bagasi untuk barang-barang.

Jika baris ketiga tak diperlukan dan dilipat, tempat menaruh koper tentunya menjadi semakin lapang.

interior new wuling cortezKabin Cortez terbilang lega pula, dengan dimensi panjang, lebar, tinggi, maupun wheelbase (jarak sumbu roda) masing-masing 4.780 mm, 1.816 mm, 1.755 mm serta 2.750 mm.

Apalagi, jika menilik data spesifikasi, Cortez punya Captain Seat pada baris kedua yang membuat leg room para penumpang di belakang semakin leluasa.

Cortez terkini merupakan model yang diperbarui pada Maret 2022. Jika bicara interior, tampilannya mewah dengan panel interior warna black marble maupun jok kursi semi-kulit berkelir hitam, dengan setir berbalut material kulit.

interior Wuling Cortez

Fitur-fiturnya tak hanya fungsional, tapi juga canggih.

Mulai dari Seat Tray, Rain Sensing Wiper, Electric Sunroof, Start/Stop Engine, Electric Front Seats Adjuster, Head Unit 10,25 Inci, hingga perintah suara cerdas berbahasa Indonesia (Wuling Indonesia Command/WIND) tersedia.

seat tray di interior Wuling Cortez

Terdapat pula teknologi Internet of Vehicle (IoV) yang menyambungkan kendaraan dengan gawai pintar (smartphone).

Daftar fitur di dalam IoV Cortez antara lain ialah Lock and Unlock Doors, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, Turn On and Off Air Conditioner, Start Engine, Geo Fencing Security, Online Navigation, Wireless Mirrorlink, Online Messaging, Online Music.

IoV Wuling Cortez

Daftar fitur Cortez lainnya ialah Rear Parking Camera, Electric Parking Brake, Automatic Vehicle Holding, All Seat Safety Belt Indicator, Electronic Stability Control, Front and Rear Parking Sensor, Antilock Braking System, Electronic Brakeforce Distribution, Brake Assist, Dual SRS Front and Side Airbags, Hill Hold Control, ISOFIX, Emergency Stop Signal.

Bicara mesin, Cortez dimodali mesin bensin 1.5-liter turbo, 4 silinder, DOHC, DVVT berdaya maksimal 140 hp serta torsi puncak 250 Nm.

mesin Wuling Cortez

Kekuatannya disalurkan menuju dua roda depan melalui transmisi otomatis CVT bersimulasi delapan percepatan.

Dengan sederet penawaran di atas, per Oktober 2023, Cortez teranyar dijual dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp299,3 juta untuk tipe CE dan Rp337,65 juta bagi tipe EX. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang