KPBB: Pemerintah Harus Tetapkan Standar Euro 6

Berita Otomotif

KPBB: Pemerintah Harus Tetapkan Standar Euro 6

JAKARTA – Demi untuk memenangkan perdagangan di dunia, pemerintah didorong untuk menetapkan standar bahan bakar Euro 6 pada 2022.

Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) mengatakan pemerintah harus bergerak aktif, guna menetapkan standar emisi bahan bakar Euro 6 pada 2022. Euro 4 yang kini dikuasai oleh Thailand disebutnya mustahil untuk dikalahkan.

“Pemerintahan Jokowi jika berkemauan keras, Indonesia pasti bisa menetapkan standar emisi euro 6 pada 2022. Hal ini penting dilakukan pemerintah jika ingin memenangkan perdagangan dengan Thailand khususnya,” kata Ahmad di acara Diskusi FORWOT, Tantangan Menuju Euro 6.

Ahmad mengajak masyarakat untuk melupakan Euro 4, dalam konteks trading dan memulai ancang-ancang untuk lompat menuju Euro 6 pada 2021-2022. Dalam hal ini dirinya berharap langkah tersebut akan menjadi baik jika ada dukungan pemerintah dan Pertamina.

“Pertamina kan sedang membangun kilang pada 2017 yang akan selesai pada 2019. Daripada membuat kilang yang menghasilkan BBM untuk kendaraan berstandar Euro 4, mendingan diupgrade ke Euro 6 sekalian,” jelasnya.

Menurutnya, nilai investasi untuk membuat kilang berstandar Euro 6 tidak berbeda jauh dengan Euro 4. Namun dengan sedikit penambahan nilai investasi, Indonesia bahkan dapat bersaing dengan Thailand dalam merebut pasar.

Guna mewujudkan langkah tersebut, pria yang akrab disapa Puput ini menyarankan para menteri terkait untuk berkoordinasi dalam menjalankan instruksi Presiden. Dirinya mengatakan, dalam waktu lima tahun kedepan, Indonesia harus menetapkan standar Euro 6.

“Caranya adalah Menteri Lingkungan Hidup harus memimpin pertemuan dengan para menteri terkait. Karena dalam adopsi standar Euro, wewenangnya menteri lingkungan hidup. Dan produsen yang masih membuat mesin dengan standar emisi tinggi harus dibuat tidak laku,” lanjutnya.

Saat ini Indonesia masih menerapkan standar emisi Euro 2, meski pada saat yag bersamaan masih banyak kendaraan di Tanah Air yang jauh di bawah standar. Oleh karena itu dibutuhkan konsistensi dari Pemerintah. [Dew/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support