Konsumsi BBM Suzuki Celerio Mirip LCGC

Review

Konsumsi BBM Suzuki Celerio Mirip LCGC

BOGOR - Dony Saputra, Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan konsumsi bahan bakar minyak Suzuki Celerio transmisi manual mampu 1 liter per 21,3 kilometer dan transmisi CVT mampu 1 liter per 19,8 kilometer.

Artinya konsumsi BBM Suzuki Celerio mirip dengan program Low Cost Green Car (LCGC) yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

"Hasil ini berdasarkan uji internal Suzuki dengan mesin dyno test, dan bukan pengujian pada situasi jalan sebenarnya," kata Dony di Eco Park Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/5/2015).

Memang mesin Suzuki Celerio mengandalkan mesin K10B 3-silinder DOHC kapasitas 998 cc. Mesin ini juga digunakan pada LCGC Suzuki Karimun Wagon R, hanya pengembangannya berbeda. Mesin Suzuki Celerio didatangkan dari Thailand, sementara mesin LCGC Suzuki Karimun Wagon R dikembangkan khusus pasar otomotif Indonesia.

Perbedaannya yakni pada Suzuki Celerio sudah engusung teknologi CVT (Continuously Variable Transmission) pertama di Indonesia untuk kelas city car 1.0-liter.

Berdasarkan peraturan pemerintah kapasitas silinder mesin motor bakar cetus api (bensin) ditetapkan berkisar 980-1200 cc, sedangkan diesel 1.500 cc. Kedua, konsumsi bahan bakar minimal 1 liter per 20 kilometer km untuk mesin bensin dan diesel.

Suzuki Celerio memiliki panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.540 mm, dan ground clearance 145 mm. City car ini diklaim memiliki keunggulan pada radius putar sebesar 4,7 m.

Suzuki Celerio diklaim memenuhi standar keamanan untuk melindungi pengemudi dan penumpang di dalamnya. Kendaraan ini memiliki 3-point ELR seatbelts in front dan 3-point ELR seatbelts x 2, 2-point seatbelt for centre seat, Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan juga ABS untuk membantu keamanan pengereman secara maksimal, Child Proof Rear Door Locks, serta Keyless Entry, Security Alarm dan Immobilizer untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Bodi kendaraan ini juga telah dirancang dengan TECT (Total Effective Control Technology) yang memaksimalkan kekuatan rangka kendaraan untuk menyerap benturan secara maksimal ketika terjadi benturan. [Ikh/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual