Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Komparasi Crossover di Bawah Rp400 Juta, Mazda CX-3 Sport Lawan Honda HR-V S dan Hyundai Creta Style IVT

Panduan Pembeli

Komparasi Crossover di Bawah Rp400 Juta, Mazda CX-3 Sport Lawan Honda HR-V S dan Hyundai Creta Style IVT

Mazda yang diageni Eurokars tak mau ketinggalan dalam meramaikan segmen crossover yang peminatnya begitu tinggi dengan meluncurkan New CX-3 beberapa waktu lalu. Secara harga, tipe terbawah dari Mazda CX-3 facelift ini cukup kompetitif di bawah Rp400 juta. 

Di kelas harga tersebut, Mazda CX-3 Sport bisa mengungguli mobil sejenis di kelas harganya. Untuk kelas harga tersebut, rival yang sepadan dengan CX-3 Sport ialah Honda HR-V S dan Hyundai Creta Style IVT. Berikut ini perbandingan harga masing-masing model tersebut:

  • Mazda CX-3 Sport Rp399.900.000
  • Creta Style IVT Rp383.800.000
  • Honda HR-V S Rp383.900.000

Melihat kelas harganya tersebut, CX-3 facelift jadi yang termahal bila dibandingkan dua kompetitor terdekatnya. Lantas apakah fitur dan spesifikasi dari HR-V dan Creta ini kalah telak bila dibandingkan CX-3?

Daripada penasaran, kami akan membandingkan ketiganya dalam artikel berikut ini. Simak ulasannya sebagai berikut.

Mazda CX-3 Sport Facelift, Bawa Sensasi Kelincahan Berkendara

Mazda CX-3 varian 1.5 Sport oleh Mazda disiapkan bagi mereka yang mengutamakan kelincahan dalam berkendara dan efisiensi bahan bakar. Compact SUV ini  menampilkan interpretasi terbaik dari desain ikonik KODO Design, melalui setiap lekuk pada bagian bodinya, yang merepresentasikan estetika.

Konsep lekuk body yang dinamis dipadukan desain velg terbaru, yang berbentuk seperti palang yang dipilin.

Masuk ke interiornya, CX-3 kini hadir dengan jok berbahan kulit pada varian 1.5 Sport. Panel dasbor dan door trim pada varian 1.5 Sport juga menggunakan bahan suede, serta louver ring atau bingkai kisi-kisi AC juga diberikan sentuhan warna merah dan perak. 

Untuk kelas harga segitu, CX-3 tipe Sport sudah dilengkapi dengan sunroof, auto dimming interior mirror, auto headlamp, dan auto wiper. Fitur lainnya yaitu head unit dengan Apple CarPlay yang bisa dimanfaatkan untuk melihat peta digital dan memutar musik, lalu ada juga wireless charger di konsol tengah yang memudahkan kami mengisi daya smartphone.

Bila tetap ingin mengisi daya ponsel menggunakan kabel, tersedia dua buah soket USB dan satu buah soket 12V.

Spesifikasi Mesin Mazda CX-3 Sport 

Mazda CX-3 varian 1.5 Sport menggunakan mesin SKYACTIV-G 1.5L, memberikan tenaga sebesar 111 ps dan torsi sebesar 144 Nm.

Tidak hanya itu, salah satu fitur unggulan dari The New Mazda CX-3 juga adalah G-Vectoring Control. Fitur ini dirancang untuk meningkatkan responsivitas kendaraan dan kenyamanan pengemudi serta penumpang. 

G-Vectoring Control mampu mengurangi gaya gravitasi yang dirasakan oleh pengemudi dan penumpang saat mobil menikung, dengan cara menyesuaikan torsi pada mesin.

Telah Dibekali teknologi ADAS i-Activsense


New Mazda CX-3 dibekali teknologi i-Activsense yang telah disempurnakan, sehingga membawa aspek keselamatan berkendara ke level yang baru. Fitur unggulan i-Activsense antara lain:

Pertama, Mazda Radar Cruise Control (MRCC), yang memungkinkan pengemudi untuk menjaga kecepatan konstan di perjalanan. Sistem ini secara otomatis menyesuaikan kecepatan mobil dengan mobil di depan, menjaga jarak aman, dan memberikan kenyamanan terutama pada saat perjalanan jauh.

Kedua, fitur Lane Departure Warning System, yang membantu pengemudi dengan memberikan peringatan jika kendaraan keluar dari jalur tanpa disengaja. 

Selanjutnya ada Smart Brake Support, yang tidak hanya memberikan peringatan namun juga dapat melakukan pengereman otomatis jika terdeteksi resiko tabrakan di depan.

Driver Attention Alert juga merupakan fitur keselamatan yang penting, membantu mengingatkan pengemudi saat mereka kehilangan fokus atau menunjukkan tanda-tanda kelelahan. 

Terakhir yaitu Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Monitoring, dapat membantu mengurangi resiko kecelakaan dengan memberikan peringatan saat ada kendaraan di samping, atau saat mundur dari parkiran.

Honda HR-V S, Lawan Sepadan CX-3 Sport

Untuk lawan CX-3 ada Honda HR-V yang diwakili oleh tipe S untuk harga di bawah Rp400 juta. Selisih harga dengan CX-3 juga cukup jauh, mencapai Rp16 juta. Seperti apa hal menarik dari Honda HR-V S generasi kedua ini?

Pada bagian eksterior, tipe ini dilengkapi dengan Full LED Headlights with LED Daytime Running Light, Full-width Rear Lights with 3D Effect, Body Color Door Mirror + Handle, Shark Fin Antenna dan 17” Alloy Wheels.

Sementara pada bagian interior, HR-V S menggunakan jok berbahan fabric. Sementara itu fiturbya dilengkapi dengan 4.2” Interactive TFT Meter Cluster, Air Diffusion Outlet, Auto A/C, Driver Auto Power Window, Driver Seat Height Adjuster, Hands-Free Telephone & Audio Steering Switches, LED Map Light, 

Fitur multimedia didukung head unit 7 inci Capacitive Touchscreen Display Audio dengan fungsi AM/FM Radio, Bluetooth, Hands-Free Telephone, Voice Command Switch, USB Player, dan Smartphone Connection. Alunan suara dihembuskan melalui.4 Speaker, sedangkan pengisian daya ponsel untuk penumpang belakang memakai Dual Rear USB Charger.

Spesifikasi Honda HR-V 1.5 S

Honda HR-V generasi kedua ini didukung mesin 1.5 liter DOHC i-VTEC 4 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 121 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm pada 4.300 rpm.

Fitur Keselamatan Didukung Honda Sensing

Untuk kelas harganya, HR-V 1.5 S dibekali Honda Sensing, 4 airbag depan dan samping, sabuk keselamatan 3 titik di depan dan belakang, seat belt reminder, HSA, HDC, VSA, Isofix, Emergency stop Signal, Brake overide, sensor parkir 4 titik, smart key, auto door lock by speed, immobilizer, rear seat reminder, walk away auto lock.

Hyundai Creta Style IVT, Tipe Menengah Atas

Melihat sosok Hyundai Creta dapat dengan mudah dikenali dari Jewel Grille di eksterior. Untuk Creta Style secara posisi merupakan tipe nomor dua dari atas sehingga memiliki fitur yang cukup beragam.

Fitur yang Kompetitif 

Hyundai Creta Style merupakan varian tengah yang memiliki fitur cukup lengkap. Compact SUV ini memiliki banyak fitur yang tentunya sangat cocok untuk melakukan perjalanan jauh, sebut saja layar cluster meter yang berukuran 10,25 inch TFT LCD. Dukungan sistem Audio BOSE dengan 8 speaker yang menghadirkan kualitas suara terbaik dan jernih untuk memanjakan penumpang.

Hyundai menyematkan ventilated seat supaya udara dingin bisa menggapai area yang tidak bisa digapai AC, misalnya punggung. Jika smartphone memiliki fitur wireless charging, Anda bisa melakukan pengisian daya di dalam Hyundai Creta karena sudah dilengkapi wireless charging. 

Terdapat Tilt & Telescopic Steering Wheel untuk ergonomi posisi mengemudi. Adanya Full Automatic Temperature Control memberi kepraktisan dalam mengatur suhu.

Fitur Keselamatan Modern 

Hyundai Creta telah dilengkapi dengan 6 buah airbag. Selain itu, mobil ini juga tersedia juga fitur Hyundai Smartsense yang mencakup Safe Exit Warning, Manual Speed Limit Assist, Blind-spot Collision, dan Rear Cross-traffic-Collision Assist.

Spesifikasi Hyundai Creta Style

Hyundai menggunakan mesin Smartstream G1.5 untuk Creta. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 115 PS pada 6.300 rpm dengan torsi 143,8 Nm di 4.500 rpm. 

Pada Hyundai Creta Style ini hanya tersedia pilihan transmisi otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT) saja dan dukungan dari empat mode berkendara yakni Eco, Smart, Comfort dan Sport. 
(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang