Kok Bisa Persentase Komponen Lokal Fortuner Naik, Harga Ikut Naik!

Berita Otomotif

Kok Bisa Persentase Komponen Lokal Fortuner Naik, Harga Ikut Naik!

KARAWANG - Kandungan lokal all-new Toyota Fortuner naik menjadi 75 persen dari 60 persen. Sangat disayangkan ketika harga jual SUV ini pun turut naik mulai Rp 18 juta - Rp 28 juta.

Berpikir seperti orang-orang awam, harga jual all-new Fortuner seharusnya tidak naik, sebab sudah tidak banyak menggunakan komponen yang didatangkan dari luar negeri (impor). Seharusnya penggunaan komponen-komponen lokal all-new Toyota Fortuner cukup signifikan mampu menjaga harga jualnya.

Menanggapi hal tersebut, Warih Andang Tjahjono Wakil President Directur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, naiknya harga jual model baru Fortuner disebabkan banyak faktor.

"Ada tax (pajak), services dan macam-macam. Jadi yang ingin kami perbaiki bukan hanya cost secara individu, tapi (menekankan) kualitas," kata Warih di Karawang, Jawa Barat.

Dia menegaskan harga jual mobil pasti dipengaruhi cost delivery secara total. Cost delivery secara total dimaksud pun banyak kategorinya seperti dipengaruhi tax (pajak), import duty dan sebagainya, dan tidak hanya melihat individual cost manufacturing (biaya produksi atau biaya pabrik).

"Jadi kalau bicara cost manufacturing, pasti ada dampak cost secara total," ucapnya.

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS juga membuat dilema pabrikan. Bahkan sempat menyentuh angka Rp 14.000 per dolar AS membuat kekhawatiran pabrikan mobil Toyota, akibatnya membebani perusahaan.

Belum lagi proyek IMV untuk Fortuner juga berkontribusi pada peningkatan jumlah pemasok lokal lapis pertama dari 107 perusahaan menjadi 123 perusahaan. Tapi itu semua tidak ada artinya ketika 25 persen verdor lokal ternyata masih memanfaatkan material yang didatangkan dari luar negeri (impor), sementara 50 persen vendor menggunakan material dalam negeri. Hal tersebut membuat biaya produksinya meningkat, maka perusahaan membuat skema harga baru.

Berikut daftar harga lengkap all-new Toyota Fortuner 2017:

Toyota Fortuner G 2.4 M/T 4x2 Rp 442.000.000
Toyota Fortuner G 2.4 A/T 4x2 Rp 460.000.000
Toyota Fortuner G 2.4 A/T 4x4 Rp 557.000.000
Toyota Fortuner SRZ 2.7 A/T 4x2 Rp 509.100.000
Toyota Fortuner VRZ 2.4 A/T 4x2 Rp 494.000.000
Toyota Fortuner VRZ 2.4 M/T 4x4 by order [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual