Koenigsegg Agera RS Pecahkan Rekor Kecepatan Bugatti Veyron

Berita Otomotif

Koenigsegg Agera RS Pecahkan Rekor Kecepatan Bugatti Veyron

LAS VEGAS – Koenigsegg Agera RS memecahkan rekor kecepatan yang selama ini dipegang Bugatti Veyron Super Sport yakni 457,5 km/h.

Bertempat di Pahrump yang ditutup guna kebutuhan pemecahan rekor ini, Koenigsegg melakukan dua kali percobaan. Jalanan yang menghubungkan Nevada dan Las Vegas tersebut menjadi saksi bisu pecahnya rekor baru.

Pengujian tersebut menggunakan perangkat Racelogic guna memastikan pencatatan yang dilakukan tepat. Teknologi ini terpasang dalam dua arah sehingga menjamin keakuratan pada proses pemecahan rekor.

Pada 2010, Bugatti Veyron Super Sport membukukan rekor kecepatan dengan menorehkan 431 km/h. Kala itu supercar buatan Perancis tersebut dikendarai oleh test driver Henri Raphanel. Uji kecepatan sendiri dilakukan di fasilitas milik VW Group yaitu Ehra-Lessien.

Sementara Koenigsegg Agera RS pemecah rekor dikendarai oleh Niklas Lilja. Terlihat pada kamera sang pengendara memang tidak memacu kendaraannya dengan kekuatan penuh. Akselerasi mobil terlihat biasa saja karena mencegah terjadinya spin pada ban.

Raungan mesin mulai terdengar buas ketika kendaraan mulai memasuki kecepatan 300 km/h. Mobil buatan Swedia ini layaknya roket yang terus melaju hingga melewati kecepatan 447 km/h pada percobaan pertama.

Kemudian pada percobaan selanjutnya atau terakhir, Koenigsegg Agera RS melaju terus hingga menembus kecepatan 457 km/h.

Sebagai produsen, Koenigsegg tidak punya punya lahan untuk menguji kecepatan maksimal dari produk mereka. Berbeda dengan Bugatti yang merupakan anak perusahaan VW Group. Mereka melakukan uji kecepatan dengan menutup jalan raya.

Hasilnya tidak sia-sia karena mereka berhasil mengalahkan rekor yang selama bertahun-tahun dipegang oleh Bugatti. [Dew/Ikh]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual