Kisaran Harga Ford Focus Bekas, Mobil Canggih yang Sulit Dicari

Mobil Bekas

Kisaran Harga Ford Focus Bekas, Mobil Canggih yang Sulit Dicari

Ford Focus merupakan mobil yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, karena punya beberapa fitur canggih, tak heran jika versi bekas dari mobil tersebut masih diburu sampai sekarang.

Ford Focus pertama kali rilis di Indonesia pada 2004, kemudian sempat mengalami perubahan besar pada 2012.

Ketika itu Ford Motor Indonesia meluncurkannya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Pada saat peluncuran, Ford Focus tersedia dalam beberapa pilihan varian, seperti Focus Trend 1.6L AT (hatchback dan sedan) serta Focus hatchback Sport 2.0L AT dan Focus sedan Titanium 2.0L AT. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp324,9 juta hingga Rp369 juta.

Ford Focus hadir dengan beragam fitur keselamatan terkini di masanya. Sebut saja, Active Park Assist yang memungkinkan kendaraan parkir sendiri hanya dengan menekan sebuah tombol. Lalu, ada juga Active City Stop sebuah sistem pencegah tabrakan dalam kecepatan rendah dan berfungsi untuk menghentikan kendaraan secara mendadak.

Kala itu, bisa dikatakan bahwa Ford Focus merupakan salah satu mobil pertama di Indonesia yang mengenalkan fitur-fitur tersebut. Bahkan hingga kini, fitur-fitur tersebut hanya dimiliki oleh beberapa kendaraan saja.

Focus punya 6 pilihan warna yaitu Ingot Silver, Winning Blue, Candy Red, Panther Black, Frozen White dan Lunar Sky.

Dengan beragam keunggulan yang dimiliki, Ford Focus pun menjelma menjadi salah satu mobil terlaris Ford Motor Indonesia.

Hanya dalam satu bulan Focus berhasil terpesan sebanyak 250 unit, sebuah angka yang terbilang cukup besar untuk kendaraan merek Amerika Serikat. Terlebih mobil lima penumpang ini dijual dengan harga yang memang terbilang cukup tinggi.

Ford Focus 2015

Ford Focus

Memasuki pertengahan 2015, Ford mendapat penyegaran pada sisi eksterior, fitur serta interior.

Pada bagian eksterior, Ford Focus model 2015 hadir dengan tampilan baru, termasuk penggunaan grille honeycomb yang dipasangkan dengan kap baru. Penggunaan desain ini berhasil menjadikan mobil terlihat lebih sporty ketimbang sebelumnya.

Desain rumah lampu bagian depan juga mendapat pembaruan, sehingga memberikan kesan agresif pada kendaraan.

Sementara bagian belakang mobil juga menggunakan desain agresif dan menarik berkat hadirnya tailgate baru serta lampu belakang yang lebih tipis.

Masuk ke kabin, Focus terbaru memiliki desain yang lebih ringkas dari model sebelumnya, karena hilangnya beberapa tombol pengaturan. Panel instrumen direvisi dan tombol diatur ulang untuk menghasilkan interior yang lebih rapi dan sederhana, sehingga memudahkan pengemudi dalam melakukan pengaturan.

Tak hanya itu, berkat desain baru ini, Ford Focus juga memiliki lebih banyak ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatkan oleh pengemudi dan penumpang.

Kesenyapan di kabin juga ditingkatkan melalui penggunaan material kedap suara yang lebih baik, di bagian kaca depan, kaca jendela samping dan karpet yang lebih tebal, serta peningkatan pada sekat mesin.

Sama seperti model sebelumnya, Ford Focus 2015 juga telah dilengkapi dengan Enhanced Active Park Assist pertama di kelasnya.

Selain itu, terdapat pula beberapa teknologi canggih lainnya seperti, SYNC 2, Active City Stop, dan Ford MyKey.

Untuk urusan performa, Ford Focus telah dilengkapi dengan mesin 1.5L EcoBoost yang menawarkan peningkatan ekonomi bahan bakar dan perbaikan emisi. Mesin baru ini menggunakan inti teknologi EcoBoost seperti turbocharger, direct fuel-injection tekanan tinggi dan Twin-independent Variable Cam-shaft Timing bersama dengan blok mesin aluminium baru.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 177 hp dan torsi 240 Nm.

Ford Focus Bekas

Saat ini versi baru dari Focus sudah tidak dijual lagi, lantaran Ford memutuskan menghentikan bisnisnya di Indonesia pada 2016.

Bagi para pecinta mobil Ford, satu-satunya cara mendapatkan Focus dengan membeli mobil bekas yang pilihannya terbilang cukup banyak di pasaran.

Namun, untuk Ford Focus, jujur saja pilihannya masih jauh dari kata melimpah ruah. Berdasarkan data Mobil123, saat ini hanya ada 17 unit Ford Focus yang diiklankan dari berbagai tahun pembuatan, kondisi serta warna.

Untuk harganya sendiri, Ford Focus bekas dibanderol mulai dari Rp83 juta hingga Rp175 juta.

Tentunya ini akan membuat perburuan Ford Focus di Tanah Air menjadi lebih menarik dibandingkan dengan mobil-mobil lain.

Berikut ini beberapa pilihan Ford Focus yang dijual dan diiklankan di Mobil123.

Ford Focus Hatchback 2013

Ford Focus

Pilihan pertama adalah Ford Focus 2013 yang diklaim merupakan bekas display dari diler resmi. Mobil ini masih memiliki STNK yang berlaku hingga 2022 dan masih memiliki kondisi yang baik, bahkan seluruh fitur kendaraan masih bisa digunakan.

Mulai dari Smart Keyless Entry, Active Park Assist hingga Active City Stop yang merupakan fitur unggulan di tahun tersebut. Mobil ini dijual dengan harga Rp175 juta. Namun sayangnya tidak disampaikan metode pembayaran yang bisa dilakukan oleh pelanggan dan beberapa kemudahan yang ditawarkan.

Ford Focus Sedan 2012

Ford Focus

Ford Focus sedan juga menjadi salah satu unit yang diiklankan di Mobil123 oleh salah satu diler mobil bekas di kawasan Mangga Dua.

Mobil berwarna putih ini dijual dengan harga Rp128 juta dan mendapat beragam kemudahan dalam pembeliannya. Salah satunya adalah paket TDP Rp56 jutaan dengan cicilan Rp 2,677 perbulan selama 47 kali.

Mobil ini diklaim masih tangan pertama dan baru digunakan sejauh 71.000 Km, serta memiliki service record.

Diler mengklaim bahwa kondisi kendaraan masih baik dan fitur-fitur kendaraan dalam keadaan normal, sehingga dapat digunakan tanpa harus melalui perbaikan terlebih dahulu.

Ford Focus Sedan 2013

Ford Focus

Pilihan ketiga adalah Ford Focus sedan 2013 berwarna silver yang dijual oleh salah satu diler di kawasan Jakarta Timur. Mobil ini diklaim dalam kondisi yang istimewa dan terawat. Pelanggan bisa langsung menggunakannya tanpa harus melakukan perawatan.

Namun, untuk pembelian, pelanggan harus langsung mengeluarkan dana sebesar Rp114 juta, karena diler hanya melayani pembelian secara tunai.

Selain itu pelanggan juga harus langsung melakukan pembayaran pajak. Hal ini karena pajak kendaraan sudah habis sejak Oktober 2018.

Sedikitnya jumlah Ford Focus yang dijual dan diiklankan di Mobil123 menujukkan bahwa Ford Focus memang berhasil mengambil hati pelanggannya. Tidak heran bila banyak yang enggan menjual kembali mobil tersebut meski sudah berusia cukup tua.

Tentunya ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk para pecinta mobil bekas yang ingin memiliki Ford Focus. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar