Kini Masyarakat Bisa Laporkan Komponen Mobil Palsu

Berita Otomotif

Kini Masyarakat Bisa Laporkan Komponen Mobil Palsu

KINGSTON - Di Australia, masyarakat kini bisa menyampaikan laporan membantu pihak berwenang untuk mendeteksi dan menyita komponen palsu pada mobil dengan melaporkannya secara online. Website tersebut telah mendapat dukungan dari Department of Immigration and Border Protection Negeri Kangguru.

Website yang diluncurkan oleh Federal Chamber of Automotive Industries (FCAI) Australia tersebut adalah www.genuineisbest.com.au/report-a-counterfeit. Situs tersebut memungkinkan konsumen untuk memasukkan detail komponen yang mereka curigai bukanlah komponen genuine.

Diluncurkannya website tersebut disebabkan mulai maraknya suku cadang palsu khususnya dari Cina ke kawasan Timur Tengah. Suku cadang palsu tersebut dianggap cukup berbahaya dan kemungkinan akan masuk ke wilayah Australia.

Konsumen yang yakin bahwa mobil mereka telah dilengkapi dengan komponen palsu dapat melaporkan hal tersebut. Informasi tersebut akan dilaporkan pada Original Equipment Manufacturer (OEM) sehinggamereka dapat melakukan investigasi pelanggaran hak kekayaan intelektual. OEM kemudian akan memberi laporan resmi pada Australian Department of Immigration and Border Protection

Departemen ini berada di bawah naungan undang-undang Federal, khususnya Trade Marks Act 1995 (UU Merek Dagang 1995) dan berhak untuk melakukan tindakan atas dugaan pelanggaran, termasuk menyita aset.

Erin Dale, Commander Customs Compliance Department of Immigration and Border Protection mengatakan bahwa semakin banyak informasi yang diberikan akan semakin memudahkan penyelesaian masalah ini.

“Departemen ini bekerja sama dengan industri otomotif untuk menghindari adanya komponen palsu masuk ke wilayah Australia. Dengan ini maka hak kekayaan intektual terjaga dan kami dapat menyita barang palsu di perbatasan. Selama tahun keuangan 2015 hingga 2016, kami telah menyita lebih dari 190.000 barang palsu senilai AUD 17 juta” ungkapnya.

Sementara itu Tony Weber, Chief Executive FCAI mengatakan bahwa adanya web ini membuat perusahaan mobil menjadi lebih memperhatikan produk-produknya.

“Dari pengujian, kami telah melihat bahwa betapa berbahayanya komponen palsu untuk konsumen. Dengan mengembangkan pelaporan online ini maka kami telah memberdayakan konsumen dan mengajak mereka untuk bergabung dan melawan para pemalsu,” ungkapnya.

Banyaknya komponen palsu yang disita dari pengiriman dari Cina ke Timur Tengah menunjukkan besarnya bisnis komponen palsu ini. Perdagangan internasional akan komponen palsu tersebut diperkirakan mencapai USD 20 Miliar dalam setahun. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual