Kini, Bayar Jalan Tol Tak Usah Buka Kaca Pintu Mobil

Berita Otomotif

Kini, Bayar Jalan Tol Tak Usah Buka Kaca Pintu Mobil

JAKARTA – Saat ini, masyarakat yang memanfaatkan Gardu Tol Otomatis atau GTO semakin banyak.

Selain lebih praktis karena tidak perlu menyiapkan uang tunai, GTO sering kali lebih sepi antrian kendaraan dibandingkan dengan gardu tol tunai. Namun yang masih kurang banyak dikenal adalah penggunaan e-tollpass, sebuah layanan yang menjadikan Anda tidak perlu membuka kaca jendela untuk bayar tol.

Untuk melalukan transaksi ini, setiap pengendara harus memiliki "on board unit" (OBU) di dalam kendaraan yang dinamakan e-Tollpass. Untuk memperoleh E-Tollpass ini, Anda bisa membelinya di toko-toko online di Indonesia.

Perangkat OBU adalah perangkat transmitter yang dipasang di dalam kendaraan dan berfungsi untuk memancarkan sinyal elektronik yang akan dibaca oleh receiver di Gerbang Tol Otomatis (GTO), dan akan langsung membuka barrier, sehingga setiap pengguna e-Tollpass tidak perlu membuka kaca jendela dan menempelkan kartu e-Toll Card untuk bertransaksi di GTO.

Harga OBU bervariasi, namun yang umum adalah Rp 600.000.  Alat ini dilengkapi dengan LCD untuk display saldo dan indikator baterai, indikator suara pada saat transaksi, dan bracket untuk menempelkannya di kaca mobil.

Lantas bagaimana cara transaksinya? Caranya cukup mudah. Cukup pasang e-Tollpass pada kaca depan kendaraan, masukkan kartu Mandiri e-Money pada e-Tollpass, lalui gardu tol bertanda e-Tollpass dengan kecepatan di bawah 10 km/jam hingga terdengar bunyi ‘bip’ pada e-Tollpass. Saldo kartu akan otomatis berkurang dan palang gardu akan terbuka otomatis. 

Cukup mudah bukan? [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual