Kia Optima PHEV, Mobil Plug-In Hybrid Pertama dari Kia

Mobil Baru

Kia Optima PHEV, Mobil Plug-In Hybrid Pertama dari Kia

LONDON - Saat ini Kia berada dalam misi untuk menguraingi emisi gas buang sebesar 25 persen sebelum akhir dekade. Untuk mewujudkan misi itu, Kia meluncurkan mobil plug-in hybrid pertama mereka yaitu Kia Optima PHEV. 

Kia mengklaim bahwa kendaraan ramah lingkungannya ini sanggup menempuh jarak sejauh 53 km dalam mode listrik. Jarak tersebut cukup untuk sekedar berkeliling kota tanpa menimbulkan emisi gas buang.

Kia Optima PHEV dilengkapi dengan mesin bensin 2.0L direct injection yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 156 hp. Mesin tersebut dikombinasikan dengan motor listrik yang mampu memproduksi 50kW atau setara 67 hp.

Kia telah menyematkan sebuah teknologi terbaru seperti regenerative braking, a driving style guide, ECO-DAS (ECOnomy Driver Assistance System) termasuk Coasting Guide Control, Drive Mode Select button dan HEV (Hybrid Electric Vehicle) Select.

HEV Select memberikan akses untuk dua mode penggunaan mesin melalui sebuah tombol di konsol tengah. Pada mode EV, mobil akan bekerja sepenuhnya dengan baterai. Sementara saat HEC adalah kombinasi antara penggunaan motor listrik dan mesin.

Untuk sisi pengenderaan Kia menempatkan Drive Mode Select. Fitur ini memberikan kesempatan pengemudi untuk memillih mode berkendara Eco atau pun normal. Pengemudi dapat menyesuaikan pengendalian sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Nilai aerodinamika merupakan fokus lain dari pengembangan Kia Optima PHEV. Dan dengan tampilannya ini dipercaya mendukung penghematan konsumsi BBM berikut dengan emisi gas buangnya. Perubahan desain  terbesar adalah pada air flep grille yang dapat menurunkan hambatan mobil ketika ditutup.

Kia Optima PHEV juga telah dibekali dengan roda alloy wheel berukuran 17-inch, LED daytime running lights dan headlight yang telah dilengkapi dengan auto leveling serta welcome and follow-me home.

Dari sisi kenyamanannya, Kia membalut interior dengan faux leather berwarna hitam sehingga memberikan kesan premium. Selain itu, Kia Optima PHEV juga dilengkapi dengan dual-zone automatic air conditioning, lingkar kemudi dan tuas perseneling berlapis kulit, cruise control with a speed limiter, hingga electronic parking brake.

Pengemudi juga tetap dapat terkoneksi dengan dunia luar berkat dipasangnya Android Auto dan Apple CarPlay. Semua kelengkapan in bisa diakses dengan fitur Kia audio-visual navigation (AVN) yang bisa dioperasikan melalui layar touchscreen berukuran 8 inchi.

Sebagai informasi tambahan, baterai pada mobil ini dipasang dengan rapi di balik kursi belakang dan di roda cadangan. Kia dengan apik mengatur perangkat-perangkat tersebut sehingga Kia Optima PHEV masih memiliki ruang bagasi hingga 307 liter. 

Di Inggris raya mobil ini dijual £31,495 setara dengan Rp 553 juta, sudah termasuk pengurangan harga dari pemerintah sebesar £2,500 atau senilai Rp 43,8 juta. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual