Kia Carnival atau Grand Sedona Terbaru Jadi Bukan Minivan Biasa

Mobil Baru

Kia Carnival atau Grand Sedona Terbaru Jadi Bukan Minivan Biasa

SEOUL - Kia merilis gambar bakal calon Kia Carnival atau Grand Sedona terbaru, tampilannya lebih tegas ke arah SUV ketimbang sebuah minivan atau MPV.

Gambar atau sketsa dari Kia Carnival atau Grand Sedona ini sendiri tampak begitu mencolok. Kesan minivan keluarga yang elegan perlahan tapi pasti digantikan oleh garis-garis tegas bak sebuah SUV modern, kesan ini diperkuat saat mencermati lingkat roda besar dengan jari-jari perak berukuran besar.

Kia sendiri menyebut generasi terbaru dari Carnival atau Grand Sedona ini sebagai Grand Utility Vehicle. Apakah ini menyikapi pertumbuhan signifikan SUV di dunia ditambah semakin tidak populernya model minivan terutama di Amerika Serikat yang menjadi target market besar bagi Grand Sedona?. 

Hal ini diperkuat pula dengan aktivitas Kia belakangan ini yang memang lebih banyak menghadirkan produk crossover atau SUV. Meski akhirnya kini tidak lupa untuk mengupdate minivan andalan mereka. 

Kembali ke sketsa, desain tiger nose yang menjadi ciri khas Kia sepintas tampak mendominasi tampilan bonnet. Dipadukan dengan kombinasi headlamp modern selaras garis body dan daytime running lights yang mencolok.

Yang menarik untuk dicermati adalah pilar A,B dan C berwarna gelap, kontras dengan warna bodi. Hal tersebut bak menciptakan ilusi sebuah atap mengambang. Memang desain pintu belakang belum terlihat, namun jika kaca belakangnya bisa selaras dengan bagian samping, desainnya akan lebih menarik.

Lebih lanjut, belum diketahui apakah Kia Carnival atau Grand Sedona terbaru ini punya platform yang sama dengan saudara SUV-nya Kia Sorento. Jika hal tersebut terjadi, bukan tak mungkin akan punya sumber tenaga yang sama.

Sorento sendiri punya dilengkapi dengan mesin 2.5-liter turbocharged bertenaga 277 hp dan torsi 421 Nm. Sementara pilihan yang kemungkinan ditawarkan adalah berteknologi hybrid dengan kombinasi mesin bensin 1.6-liter dan motor listrik serta dilengkapi 1,5 kWh baterai lithium-ion. Kombinasi ini menghasilkan tenaga 227 hp dan torsi 350 Nm. 

Kia bisa juga menawatkan mesin diesel berkapasitas 2.2 liter. Sementara mesin V6 3.3-liter bertenaga 276 hp yang sekarang digunakan Grand Sedona kemungkinan akan dipensiunkan karena dianggap kurang efisien.

Kia Carnival atau Grand Sedona generasi keempat rencananya akan diluncurkan akhir tahun 2020. Dan mulai dijual pada 2021. Nantikan kabar selanjutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar