Ketika Anak-anak Menggambar Mobil Impian

Berita Otomotif

Ketika Anak-anak Menggambar Mobil Impian

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor mengumumkan para pemenang Toyota Dream Art Contest (TDCAC) 2016.

Ini adalah sebuah inisiatif Toyota Group secara global dalam merangsang kreativitas anak-anak usia sekolah yang dilaksanakan sejak tahun 2004 dan telah memasuki tahun ke-10. Program ini mengajak anak-anak untuk berbagi ide dalam mobilitas dengan menggambar mobil-mobil impiannya.

"TDAC merupakan suatu wadah untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak-anak dan menumbuhkan kesadaran mereka akan kelestarian lingkungan," ungkap Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor siang hari tadi.

Artikel bersambung dibawah

Program ini terbagi menjadi 3 kategori usia yaitu kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk usia 8-11 tahun dan kategori 3 untuk peserta antara 12-15 tahun. 

Karya pemenang dari masing-masing kategori akan dikirim ke tingkat global untuk berkompetisi dengan juara tingkat global. Jika terpilih, para juara akan diundang ke Jepang untuk menghadiri Global Ceremony di bulan Agustus 2016 mendatang.

TDAC pertama kali diselenggarakan pada tahun 2004 silam, namun Toyota Indonesia baru mengikuti program ini pada tahun 2006. 

Animo pada TDCAC 2016 terbilang tinggi. Tercatat ada 6.137 karya atau naik 134 persen dibanding tahun lalu yang hanya meraih 2.626 karya.

Sejak digelar pertama kali oleh Toyota Motor Corporation pada 2004, Indonesia sudah empat kali berpartisipasi pada Toyota Dream Car Art Contest, yaitu pada 2008, 2011, 2012, dan 2015. Dari keempat ajang TDCAC tersebut, Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang baik.

Pada TDCAC ke-4 (2008), perwakilan anak Indonesia berhasil meraih juara dan memperoleh Gold Award di ajang World Contest TDCAC. Pada TDCAC ke-5 (2011), Indonesia meraih dua nomor juara dan memperoleh Silver dan Bronze Award. Sementara pada TDCAC ke-6 (2012), Indonesia berhasil meraih predikat juara untuk kategori Bronze Award.

Di tahun lalu, ada 2 anak yang berhasil meraih prestasi di tingkat global. Kedua anak Indonesia ini bernama Amanda Dewi Nasya yang berasal dari Serang dengan tema karya gambar “Mobil Cumi-Cumi Pembersih Sampah” dan Kiddya Fastabiul Ulum dari Semarang yang memiliki tema karya gambar “Mobil Sepatu”.

Melalui hasil karya dan imajinasinya, Amanda, anak gadis yang baru berusia 7 tahun ini menggambarkan mobil dalam bentuk cumi-cumi yang bisa mejelajah di darat, laut, maupun udara. Imajinasinya menggambarkan tentakel pada mobil cumi-cumi bisa berfungsi untuk menyedot sampah hingga menyaring udara menjadi lebih bersih.

Sementara itu, Kiddya menggambarkan mobil masa depan dalam bentuk Sepatu yang bisa membawa penumpangnya kemana saja. Ke luar angkasa, ke dalam laut, hingga menjelajah ke berbagai tempat. Mereka bersama kedua orang tuanya diundang ke Jepang dan berhasil meraih Bronze Award di tingkat global.

Para pemenang TDCAC 2016 di Indonesia:
Kategori 1 (di bawah 8 tahun):

1. Dzaky Averil Sholahuddin (6 tahun, asal Boyolali) - Mobil Jamur Penyelamat
2. Bianca Aurora Tanaka (7 tahun, asal Bondowoso) - Mobil Plastik Bekas
3. Frans Theodore (6 tahun, asal Jakarta) - Mobil Impian Super Hero
 
Kategori 2 (usia 8—11 tahun):
1. Charlene (9 tahun, asal Tangerang) - Mobil Pemberantas Teroris
2. Zeva Su’azra Malaika (10 tahun, asal Jakarta) - Mobil Pengintai Kejahatan
3. Aristawidya Maheswari (11 tahun, asal Jakarta) - Mobil Bambu Toyota
 
Kategori 3 (usia 12—15 tahun):
1. Fuad Juidan Mu’tashim (13 tahun, asal Madiun) - Mobil Budaya
2. Putti Kurnia Serfiyani (15 tahun, asal Jember) - Mobil Pembasmi Kanker
3. Angela Venus Sakuntala (13 tahun, asal Tangerang) - Mobil Produksi Batik
 
Juara Favourite
Frans Theodore (6 tahun, asal Jakarta) - Mobil Impian Super Hero [Adi/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual