Kerjasama Antar Pabrikan Tentukan Masa Depan Kendaraan Otonom

Berita Otomotif

Kerjasama Antar Pabrikan Tentukan Masa Depan Kendaraan Otonom

JAKARTA -  Kolaborasi antar pabrikan kendaraan juga pemerintah negara-negara dunia dipercaya dapat mempercepat terwujudnya penggunaan kendaraan otonom di seluruh dunia.

Mewujudkan kendaraan otonom untuk masa depan memiliki beragam tantangan baik dari sisi teknologi maupun infrastruktur. Kolaborasi antar pabrikan kendaraan dipercaya menjadi salah satu langkah akseleratif agar cita-cita ini dapat diwujudkan.

Demikian yang dipaparkan Ralph Gilles, Fiat Chrysler Automobiles design chief di Chicago Auto Show 2017. Gilles mengatakan, kini banyak pabrikan yang melakukan pengembangan mobil otonom. Ia percaya semuanya akan lebih mudah jika semua pihak terkait terutama pabrikan-pabrikan mobil melakukan kerjasama demi satu tujuan termasuk perkembangan infrastruktur. 

"Semua orang di luar sana mencoba untuk melakukannya sendiri. Tapi saya pikir itu harus membutuhkan kerjasama besar. Industri yang kompetitif dapat bergabung bersama untuk menyelesaikan cita-cita ini,” jelas Gilles dalam pidatonya

Berbicara mengenai teknologi kendaraan terkini, Gilles mengatakan bahwa sistem elektrik telah mengubah desain otomotif saat ini. Berbeda dengan penggunaan mesin konvensional, pada motor listrik roda kendaraan dapat ditempatkan di setiap sudut. Meski memiliki bentuk tidak biasa, namun memiliki beragam keuntungan terutama dalam hal efisiensi. 

Gilles juga menegaskan bahwa fitur-fitur canggih seperti sensor ultrasonik, kamera ultra-high-definition dan radar yang ada di kendaraan mewah menjadi pondasi untuk kendaraan otonom. Di tahun-tahun mendatang fitur-fitur ini akan digunakan untuk semua kendaraan termasuk mobil-mobil entry level.

Pertanyaannya, akankah pabrikan-pabrikan mobil menemui kata sepakat untuk kerjasama besar ini ?. Karena biar bagaimana, antar pabrikan tentunya memiliki nafas persaingan yang tiada akhir. Masing-masing berlomba untuk mengembangan teknologi terkini dan kemudian memperebutkan paten dari inovasi-inovasi mereka.

Peran pemerintah di negara-negara dunia juga menjadi faktor terbesar. Ini tidak terlepas dari sinergi pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support