Kepindahan Ronaldo ke Juventus Bikin Jeep Girang Bukan Kepalang

Berita Otomotif

Kepindahan Ronaldo ke Juventus Bikin Jeep Girang Bukan Kepalang

OHIO – Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus menimbulkan reaksi beragam di internal Fiat Chrysler Automobile (FCA). Jika buruh pabrik Fiat murka, hati para pembesar Jeep kini malah sedang girang bukan kepalang.

Real Madrid dan Juventus memang sudah mengonfirmasi transfer Ronaldo dari Stadion Santiago Bernabeu, Madrid ke Allianz Stadium, Turin. Uang sekitar 105 juta euro (Rp 1,76 triliun) menjadi maharnya.

FCA dan Juventus sendiri terkait erat. Selain karena bos besar FCA yaitu Keluarga Agnelli turut memiliki Juventus, salah satu merek di bawah naungan FCA yaitu Jeep adalah sponsor utama klub tersebut dalam enam tahun terakhir.

Berbagai pihak di FCA bakal mendapatkan efek berbeda-beda dari transfer pemain berjuluk ‘CR7’ ini. Jeep yakin kehadiran mantan penggawa Manchester United itu bakal membawa untung bagi mereka. Pabrikan asal Amerika Serikat tersebut percaya dapat menggandeng lebih banyak lagi konsumen potensial baru, khususnya yang berdarah hispanik.

“Saya bisa melihat kecocokannya dengan Jeep dan di bagian mana transfer Ronaldo ini bisa memperkuat kami. Kebebasan dan petualangan, keterbukaan yang Jepp representasikan bakal menarik untuk banyak pihak, khususnya pembeli baru berdarah hispanik,” kata Senior Vice President for Strategic Vision Jeep Chris Chaney, seperti dikutip dari Carscoops pada Kamis (12/7/2018).

Respons kontras diperlihatkan oleh buruh Fiat di Italia yang sudah tak naik gaji selama 10 tahun. Menganggap Keluarga Agnelli lebih ‘sayang’ ke Juventus daripada para pekerja pabrik, mereka bersiap melakukan aksi mogok kerja pekan depan.

Di sisi lain, Fiat menggelontorkan 126 juta euro (Rp 2,1 triliun) per tahun untuk menjadi sponsor berbagai hal. Sebanyak 26,5 juta euro (446 miliar) di antaranya disalurkan ke Juventus.

Ronaldo, meski  tak bisa dikatakan muda lagi, dianggap sebagai investasi, baik dari sisi peningkatan prestasi maupun finansial. President Apex Marketing Group Eric Smallwood memprediksi Juventus berpotensi meraup setidaknya 58,3 juta dollar AS (Rp 839,3 miliar) hanya dari eksposur media jika klub berjuluk ‘Si Nyonya Tua’ bisa sampai ke final Liga Champions Eropa. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual