Isu Kepindahan Cristano Ronaldo ke Juventus Bikin Buruh Pabrik Fiat Marah

Berita Otomotif

Isu Kepindahan Cristano Ronaldo ke Juventus Bikin Buruh Pabrik Fiat Marah

TORINO – Isu pindahnya Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus dengan harga selangit menimbulkan protes serta kemarahan dari para buruh pabrik Fiat yang merasa kesejahteraan mereka bakal makin tak dipikirkan.

Fiat memang terhubung secara tidak langsung dengan Juventus. Keluarga Agnelli, pendiri sekaligus salah satu pembesar di Fiat, juga memiliki klub berjuluk ‘La Vecchia Signora’ atau ‘Si Nyonya Tua’ tersebut. Keluarga Agnelli kini memiliki 63,77 persen saham Juventus dan menjadi pemegang saham mayoritas di klub ini.

Lebih lanjut, Juventus sendiri dirumorkan bakal membeli Ronaldo dengan banderol luar biasa yaitu 100 juta euro (Rp 1,68 triliun). Bahkan, pesepak bola berjuluk ‘CR7’ itu digosipkan sedang mencari rumah di Torino dan kabarnya kelak menempati hunian mewah seluas 1.000 meter persegi.

Para pekerja pabrik Fiat pun berang. Mereka menganggap selama ini tak diperhatikan oleh keluarga Agnelli, sementara mereka terus membeli pemain-pemain mahal.

“Setelah Higuan, sekarang Cristiano Ronaldo. Ini memalukan. Sudah 10 tahun buruh-buruh Fiat tidak diberikan kenaikan gaji,” ungkap Gerardo Giannone, salah satu karyawan di pabrik Fiat, seperti diwartakan Carscoops pada akhir pekan kemarin.

Giannone mengatakan, uang yag disiapkan untuk mantan penggawa Manchester United tersebut dapat memberikan kenaikan upah bagi para buruh Fiat sebesar 200 euro (Rp 3,37 juta) per bulan.

“Kami telah kehilangan inflasi 10,7 persen dalam satu dekade terakhir, sesuatu yang belum terobati. Di sisi lain, Fiat malah menghabiskan 126 juta euro (Rp 2,12 triliun) per tahun untuk menjadi sponsor berbagai hal dan 26,5 juta euro (446,5 miliar) di antaranya disalurkan ke Juventus,” tegas dia lagi.

Juventus konon menyiapkan dana total 220 juta euro (Rp 3,70 triliun) untuk Ronaldo. Selain untuk mahar ke Real Madrid sebesar 100 juta euro, ada pula anggaran 120 juta euro (Rp 2,02 triliun) yang merupakan total gajinya selama empat tahun. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual