Kenali Warna Asap Knalpot Mobil Anda

Panduan Pembeli

Kenali Warna Asap Knalpot Mobil Anda

JAKARTA – Anda jangan sekalipun mengabaikan asap yang keluar dari knalpot mobil. Ini bisa mengindikasikan beragam kerusakan pada mesin mobil, bisa ringan hingga berat.

 

Ada baiknya sekali waktu Anda menghidupkan mesin mobil dalam beberapa saat. Dan perhatikan asap yang keluar dari knalpot mobil Anda.

Selain tanda menyebabkan mesin bermasalah, sebagian besar asap ini memiliki sifat polutif yang berbahaya bagi lingkungan. Berikut warna-warna asap yang biasa keluar dari knalpot mobil.

Asap Kebiruan atau Keabu-abuan
Jika dalam beberapa menit setelah mesin menyala keluar asap menyerupai kedua warna di atas, itu artinya ada sedikit oli yang terbakar di dalam mesin. Memang jumlah oli yang terbakar tidak banyak namun konsisten masuk ke ruang silinder.

Hal ini mengindikasikan ada masalah pada head gasket (gasket antara silinder head dengan blok mesin) atau biasa disebut blown gasket. Penyebab lainnya adalah indikasi awal dari katup seal atau ring piston yang mulai aus.

Atau jika mesin dilengkapi turbo, asap kebiruan ini menjadi indikasi ada masalah dengan blower turbo. Khusus untuk warna keabu-abuan bisa juga menjadi indikasi masalah pada sistem transmisi.

Dari indikasi ini Anda harus segera bertanya pada montir langganan untuk penanganan lebih lanjut.

Asap Putih
Ada dua jenis asap putih yang keluar dari knalpot, putih dengan karakter asap tipis dan satu lagi terlihat tebal. Anda tak perlu khawatir jika melihat asap putih tipis. Ini normal, hanya hasil penumpukan kondensasi dalam aliran pembuangan atau knalpot.

Jika asap putih terlihat tebal pekat itu berarti terjadi masalah cukup besar pada mesin. Penyebabnya ada oli yang masuk ke ruang bakar dalam jumlah signifikan. Ini terjadi karena kebocoran pada seal klep atau ring piston sudah parah.

Anda harus segera menyambangi bengkel langganan untuk berkonsultasi. Biasanya akan dilakukan service besar atau engine overhaul.

Asap Hitam
Warna asap ini berarti mesin membakar terlalu banyak bahan bakar di ruang bakar. Penggunaan bensin pada kendaraan menjadi boros. Mudah diidentifikasi dan diperbaiki. Montir bengkel langganan Anda biasanya melakukan pengecekan pada filter udara, injektor atau fuel pressure regulator. Atau jika mobil masih menggunakan karburator akan dilakukan penyesuaian pada setelan angin. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual