Kemenperin Terus Genjot Industri Komponen Lokal

Berita Otomotif

Kemenperin Terus Genjot Industri Komponen Lokal

JAKARTA - Saleh Husin, Menteri Perindustrian Republik Indonesia terus mendorong industri komponen otomotif lokal. Ia berharap agar industri komponen otomotif di Indonesia semakin berkembang dan mengalahkan Thailand.

Pria berkacamata ini berharap industri komponen otomotif lokal mampu diserap oleh industri kecil dan menengah (IKM) dengan kualitas barang terbaik.

"Industri komponen otomotif lokal yang terus kami dorong. Selama ini memang kita masih banyak impor. Thailand kira-kira pendukung industri komponen otomotif sekitar 2500-3000, kalau Indonesia baru sekitar 1000. Berarti masih ada sisa sebagian besar harus kita impor,' kata Sales Husin di Jakarta.

Selama ini Kemenperin memfasilitasi IKM dengan memberikan pelatihan unit-unit pelayanan teknis (UPT), peralatan hingga pelatihan agar membentuk standardisasi produk pada IKM otomotif. Di samping itu pemberian subsidi 35 persen untuk pembelian mesin komponen impor dan potongan harga sampai 40 persen untuk mesin yang dibuat di Indonesia.

"Nah ini yang kita dorong terus agar industri komponen itu betul-betul tumbuh sehingga kita tidak lagi impor tapi harus dibuat oleh putra-putri Indoensia sendiri di berbagai daerah yang kita tahu industri komponen cukup dimiliki oleh pengusaha-penguasaha lokal,"

Ia menjelaksan jika Kemenperin juga mengundang pihak perusahaan komponen otomotif Jepang untuk membangun industri komponen di Tanah Air.

"Tapi dengan bekerjasama dengan para perusahaan lokal di berbagai daerah terutama di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat sehingga Indonesia menjadi market leader di ASEAN, jangan kalah sama Thailand," tutupnya. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual