Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kelebihan Mobil Pick-up Mitsubishi L200 Strada, Perkasa di Segala Kondisi

Panduan Pembeli

Kelebihan Mobil Pick-up Mitsubishi L200 Strada, Perkasa di Segala Kondisi

Mitsubishi Strada L200 pertama kali meluncur di Indonesia pada tahun 2002. Generasi pertama Mitsubishi Strada terus dijajakan hingga 2006. Mobil Strada L200 terbagi dalam dua varian yaitu pick-up dan double cabin dengan iri khas desain masih serba kotak.

Sejak awal, Mitsubishi Strada L200 tersedia dalam varian berpenggerak 4x4 atau penggerak 4x2 dengan model double cabin maupun single cabin. Pada tahun 2008 Mitsubishi kemudian menghadirkan generasi kedua dengan mengusung nama Strada Triton dengan perubahan total. 

Peningkatan signifikan terdapat pada sektor mesin Strada Triton untuk varian GLS dan Exceed, dimana kedua tipe ini menggunakan mesin 4D56 2.500.cc berteknologi DOHC Turbodiesel Intercooler dan DI-D Commonrail. Sedangkan untuk mobil Strada varian GLX menggunakan mesin 4M40 berkapasitas 2.800 cc.

Pada mobil dari jenis double cabin terkenal akan ketangguhan dan fleksibilitasnya di berbagai medan, berbekal penggerak 4x4. Hal ini membuatnya jadi andalan para perusahaan di bidang pertambangan dan perkebunan. 

Nama Strada resmi tak lagi digunakan pada Mitsubishi Triton yang meluncur 2015. Ini berarti Mitsubishi menggunakan nama Strada pada mobil komersial mereka selama kurang lebih 13 tahun di Indonesia. 

Mobil seperti L200 Strada terkenal akan ketangguhan dan fleksibilitasnya di berbagai medan. Agak disayangkan, mobil double cabin kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia karena mobil jenis ini masuk kategori mobil barang bukan mobil penumpang. 

Spesifikasi Mitsubishi Strada L200, Mobil Pick Up Double Cabin yang Tangguh

Mitsubishi Strada L200 ini dibekali mesin 4D56 2.5 L dengan teknologi intercooler. Tenaga Strada L200 ini mampu menghasilkan hingga 100 hp dengan torsi 245 Nm, didukung transmisi 5 speed manual dan 4 speed otomatis. 

Ternyata dengan bekal ground clearance tinggi dan fitur turbo intercooler membuatnya juga digemari oleh kalangan offroader. Berbekal penggerak 4x4 membuatnya kemudian jadi andalan para perusahaan di bidang pertambangan dan perkebunan. 

Keunggulan Mitsubishi Strada L200 versi Single Cabin

Varian Mitsubishi Strada yang jarang disorot oleh masyarakat ialah versi mobil pick up. Kapasitas muatan L200 Strada juga terbilang luas, bahkan lebih lebar dari L300. Berbicara soal daya angkutnya, bak Strada L200 pick up sanggup bawa muatan antara 2,5 hingga 3 ton.

Mitsubishi Strada L200 pick up dibenamkan mesin diesel 4D56 – SOHC 4 silinder segaris berkapasitas 2.477 cc, serupa milik L300 Euro 2. Mesin yang digunakan mampu memproduksi tenaga hingga 74 PS @4.200 rpm serta torsi maksimal sebesar 133,4 Nm @2.500 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, mobil ini dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Keunggulan Mitsubishi Strada Triton Double Cabin

Mitsubishi Strada Triton sejak lama dikenal sebagai mobil double cabin yang digunakan untuk aktivitas off road. Kehadiran penggerak roda 4x4 pada double cabin membuatnya dengan mudah melewati jalan ekstrim seperti medan berlumpur serta berbatu. 

Dengan ketangguhannya tersebut, tak heran apabila double cabin banyak digunakan sebagai kendaraan tambang dan perkebunan, seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Mobil Double Cabin Sudah Pakai 4x4

Sebagai informasi, penggerak 4x4 atau Four-Wheel Drive (4WD) merupakan sistem penggerak yang bisa diatur sesuai kebutuhan. 4WD sendiri memiliki beberapa sistem sesuai kebutuhan yaitu part time, full time dan all wheel drive atau AWD.

Mengenai part time 4WD ini pengemudi bisa menyesuaikan sistem penggerak menjadi 2WD, yang biasanya digunakan pada jalanan datar dan lurus. Sedangkan sistem full 4WD adalah tidak ada 2WD, namun sistemnya adalah 4High, 4 Low Range dan Differential Lock.

Dibangun di Sasis yang Kokoh 

Sebagai sebuah kendaraan angkut serba bisa, mobil double cabin seperti Mitsubishi Strada seringkali digunakan untuk mengangkat barang-barang yang berat dan banyak. 

Itulah mengapa mobil ini sengaja didesain dengan sasis dan bodi yang kokoh, diikuti pula dengan mesin yang tangguh.

Mobil double cabin seringkali digunakan sebagai kendaraan harian di area perkebunan, hingga pertambangan. Bahkan, double cabin juga digunakan oleh jasa taksi antar kota di Papua

Penampilan Macho dan Punya Bak Besar

Tangguh di jalan yang ekstrim, tak sedikit mobil ini juga cukup banyak dijumpai sebagai kendaraan harian di kota-kota besar. Mobil ini masih oke buat aktivitas harian karena memiliki tampilan macho dan timeless.

Mobil double cabin ini dapat kita fungsikan untuk membawa lebih banyak barang dibandingkan mobil MPV atau SUV. Bak terbukanya cukup besar bagi kalian yang kerap membawa banyak barang.

Bak belakangnya juga serba guna. Bila di baknya telah dipasang kanopi, entah yg berbahan kanvas atau fiber, bisa dijadikan camper tempat menginap sementara saat perjalanan offroad dan road trip.

Berburu Mobil Bekas Mitsubishi L200 Strada Triton, Waspada Bekas Tambang

Ada banyak sekali mobil double cabin bekas di pasaran, ada yang dari pemakaian pribadi dan ada juga yang bekas fleet perusahaan. Kalau beli secara lelang langsung dari perusahaan, akan mudah ditebak riwayat pemakaian mobilnya dulu untuk tambang atau perkebunan, sesuai dengan jenis usaha dari si perusahaan tadi. 

Untuk mobil Mitsubishi Strada Triton, hindari tipe HD-X karena ini khusus untuk pembelian banyak (komersial). Tipe HD-X ini yang paling banyak dibeli perusahaan tambang atau perkebunan karena tidak kebanyakan fitur. Kalau tipe diatas Exceed atau Ultimate jarang yang dipakai buat tambang atau kebun karena terlalu mahal dan fiturnya terlalu banyak.

Untuk menelisik unit yang bukan bekas tambang atau bukan, bisa dilihat dari plat nomor mobil Mitsubishi Strada tersebut. Umumnya double cabin plat Kalimantan seperti DA, KT, KH, KB, & KU kebanyakan mobil ex tambang. 

Biasanya mobil tambang warnanya putih. Kalau sudah "diremajakan" direpaint jadi hitam, merah, kuning, dan lainnya. Kemudian, mobilnya banyak dipasang variasi biar seolah mobilnya ex pribadi yang hobi offroad.

Harga Bekas Mitsubishi L200 Strada Gen 1 Makin Terjangkau 

Kalau kamu tertarik beli mobil double cabin, kini harga pasarannya mulai Rp100 jutaan. Sebagai gambaran, Harga Mitsubishi L200 Stada Triton bekas mulai dari Rp85 juta sampai dengan Rp475 juta.

Bila kita breakdown lebih detil, untuk harga bekas Mitsubishi Strada L200 generasi pertama keluaran 2002 varian double cabin dijual dengan harga mulai dari Rp85 juta. Kemudian berdasarkan penelusuran kami, harga untuk L200 Strada pick up generasi pertama dijual mulai dari Rp60 juta. 

Kesimpulan 

Mobil double cabin merupakan salah satu kendaraan yang dirancang khusus memiliki dua kabin untuk berbagai aktivitas outdoor.

Sebagaimana diketahui, masih banyak wilayah kota kecil di Indonesia yang kondisi medan jalannya masih tanah berbatu. Untuk itu, diperlukan mobil yang tangguh di segala medan seperti Mitsubishi L200 Strada Triton.

Mobil ini cocok bagi kalian yang memang kerap melakukan aktivitas outdoor sambil membawa barang dalam jumlah banyak atau berukuran besar. Bak belakangnya punya banyak fungsi untuk mendukung aktivitas tersebut.
 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang