Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia, Bekas Rival Daihatsu Luxio dan Gran Max

Panduan Pembeli

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia, Bekas Rival Daihatsu Luxio dan Gran Max

Nissan beberapa tahun lalu sempat sukses dengan produk MPV melalui Grand Livina dan Serena di dekade 2000-an. Melihat pasar mobil keluarga yang begitu besar, Nissan lantas mencoba peruntungan dengan memasukkan NV200 alias Evalia ke pasar Indonesia. 

Evalia dibekali mesin 1.5-liter dengan model pintu geser (sliding door), sejenis dengan Daihatsu Luxio. 

Tidak seperti dua model MPV Nissan lainnya, Evalia sulit laris karena memang mobil ini adalah minibus seperti Daihatsu Gran Max. Mobil ini awalnya diharapkan  bisa meneruskan kesuksesan Nissan Serena sebagai mobil keluarga dengan harga lebih terjangkau.

Evalia pertama kali hadir pada 2012, dimana versi konsepnya telah muncul perdana pada pameran Tokyo Motor Show 2007. Tapi, publik Indonesia sudah banyak yang tahu kalau Evalia sebenarnya memakai basis NV200. Nissan NV200 merupakan mobil angkutan barang sebagai blind van di banyak negara.

Karena penjualannya begitu minim, PT Nissan Motor Indonesia pun memutuskan untuk menghentikan produksinya pada 2018. Lantas bagaimana dengan pasaran mobil bekas dari Nissan Evalia ini?

Harga cukup bersahabat bagi kamu yang mencari mobil keluarga berukuran besar. Nissan Evalia dijual mulai dari Rp70 juta untuk tipe SV 2012 sampai dengan Rp119 juta untuk tipe SV Highway Star di wilayah DKI Jakarta. 

Berikut ini kelebihan dan kekurangan Nissan Evalia yang perlu kalian ketahui.

Kelebihan Nissan Evalia, Kabin Luas dan Besar

Jual Nissan Evalia Mulai 2005 Bekas di Duren Sawit Harga Kredit Murah |  Mobil123

Nissan Evalia mecoba untuk bisa tampil lebih mewah dengan tipe ST, SV dan XV. Penampilannya berusaha menjauhkan diri dari kesan minibus komersial. Nissan Evalia mempunyai panjang 4.400 mm, lebar 1.695, tinggi, 1.855 mm, serta wheelbase 2.725 mm. 

Pada zamannya, Evalia disebut sebagai ‘Baby Serena’ karena memiliki konsep bodi yang boxy mirip seperti Nissan Serena. Mobil ini juga mempunyai ruang kabin yang lega dan bisa memuat hingga 8 orang. 

Ini karena Evalia memiliki bentuk boxy sehingga pada kursi baris kedua dan ketiga bisa diduduki masing-masing oleh tiga orang. Kelebihan lain dari mobil boxy ialah ruang bagasi yang lebih lega sehingga bisa membawa lebih banyak barang. 

9

Nissan Evalia juga praktis sebab memiliki banyak ruang penyimpanan. Mobil ini terdapat laci penyimpanan dan konsol tengah yang mampu menampung banyak barang bawaan berukuran kecil. 

Kabinnya terasa luas karena lantai di Evalia dibuat rata, yang dapat memberikan ruang kabin lebih luas. Dengan flat deck tanpa adanya gundukan di tengah memberi kemudahan kepada setiap penggunanya ketika ingin melakukan beragam aktifitas selama perjalanan.

Fitur yang Cukup Beragam, Serasa Medium MPV

8

Secara segmen harga baru, Nissan Evalia dulu harganya setara dengan low MPV seperti Daihatsu Xenia. Ini karena segmentasi Evalia yang berada tepat di bawah Grand Livina. 

Dengan pertarungan di segmen minibus yang begitu sengit, Nissan berusaha melengkapi Evalia dengan fitur yang lebih beragam. Walau dari luar bentuknya minibus seperti Gran Max, tapi fitur di interiornya tak kalah dengsn MPV medium. 

Untuk Evalia tipe SV memiliki kelengkapan fitur seperti Mechanicless Single Din, AM/FM, USB, AUX, Body Color Door Mirror, Speakers (4), Body Color Door Handle, Back Door Finisher, Black radiaror Grille with Chrome Finisher,Front Power Window, Central Door Lock, electric Door Mirror dan Electric Power Steering.

Selanjutnya pada Nissan Evalia 1.5 XV, pada tipe teratas ini fiturnya lebih komplit dari SV. Terdapat  tambahan fitur DVD Single DIN, AM/FM Radio, USB, AUX, Roof Monitor 10-inci, Fog Lamp, Parking Sensor, Rear View Camera (Integrated with Multi Information Display), Rear Cooler, I-Key with Immobilizer, ABS (Antilock Braking System) + EBD (Electronic Brake Distribution) + BA (Brake Assist) dan Front SRS Airbag. 

Pintu Tengah Berbentuk Sliding Door

4

Pada baris kedua, Nissan Evalia menggunakan pintu model geser atau sliding door untuk membuka dan menutupnya. Dengan pintu model ini, tentunya sangat memudahkan penumpang untuk akomoditas keluar masuk kabin di ruang parkir yang terbatas. 

Pakai Mesin Grand Livina yang Tenaganya Besar
Lelang NISSAN EVALIA harga Rp. 76.400.000 | AUKSI

Nissan Evalia dibekali dengan mesin yang cukup bertenaga yang juga digunakan Livina yaitu HR15DE Dual CVTV DOHC berkapasitas 1.500 cc 4-silinder segaris. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 109 PS di 5.600 rpm serta torsi maksimal 142 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk membuatnya berjalan, putaran tenaga yang dari transmisinya kemudian didistribusikan melalui kedua roda depan.

Untuk penggunaan dalam kota,  Nissan Evalia bisa menempuh jarak 12 km/liter. Sedangkan untuk berkendara di luar kota mencapai 17 km/liter.

Kekurangan Nissan Evalia, Mobil Bongsor Pakai Penggerak Roda Depan

1Berdasarkan beberapa poin yang sudah dijelaskan di atas, kita bisa melihat beberapa kelemahan mendasar dari Nissan Evalia, seperti contohnya memakai penggerak roda depan. Memang tidak salah dengan layout penggerak Front Wheel Drive, karena banyak MPV yang lebih besar seperti Hyundai Staria hingga Toyota Alphard pun memakai FWD.

Dengan wujud minibus, Nissan Evalia diharapkan bisa digunakan untuk akomodasi banyak orang. FWD dinilai kurang perkasa saat menghadapi tanjakan yang kemiringannya agak curam. 

Hanya saja dari segmentasi pengguna, lebih memilih mobil yang bisa disiksa di berbagai kontur jalan. Itulah mengapa masyarakat lebih memilih Suzuki APV atau Daihatsu Luxio yang masih memakai penggerak roda belakang. Traksi di roda belakang saat penuh penumpang dan barang bawaan bisa lebih baik karena tekanan beban tadi.

Suspensi Cenderung Keras Tapi Limbung

2Umumnya mobil garapan Nissan memiliki kenyamanan berkendara yang bagus, karena didukung suspensi yang empuk. Namun dalam kasus Nissan Evalia ini kondisinya berbeda.

Berdasarkan pengalaman kami menggunakan mobil ini, karakter suspensinya cenderung keras. Bantingannya mirip seperti Suzuki APV, atau sedikit lebih baik daripada Daihatsu Luxio. Bila menyasar sebagai mobil keluarga, tentunya harus ada perubahan di bagian suspensi, agar karakter ayunannya bisa lebih empuk.

Lucunya lagi, meskipun suspensinya sudah agak keras tapi mobil ini tetap limbung saat di kecepatan tinggi. Untuk kasus limbung bisa dipengaruhi oleh postur mobil yang bongsor dan tinggi. Ini diperparah dengan gejala understeer juga sering kali dirasakan karena mobil ini memakai penggerak roda depan. 

Direkomendasikan Pakai Bensin RON 92

5

Penggunaan mesin Grand Livina pada Nissan Evalia berdampak pada jenis bensin yang direkomendasikan harus tinggi. Mesinnya ideal untuk menggunakan RON 92 atau Pertamax setiap kali mengisi bahan bakar. 

Sebab jika pengguna menggunakan bensin di bawah standar tersebut, masalah yang sering terjadi ialah timbul suara ngelitik mengganggu seperti “tik-tik” ketika menanjak atau melewati polisi tidur.

Sparepart Tergolong Mahal

NEW FAJAR MOTOR - Nissan Dealer

Kekurangan dari mobil bekas Nissan Evalia selanjutnya adalah suku cadang yang terbilang mahal. Ini karena jarang ada produk aftrrmarket/OEM yang harganya lebih terjangkau untuk mobil ini. Terlebih, Evalia juga sudah tak lagi diproduksi mobilnya. 

Artinya, kamu harus menyiapkan dana lebih ketika melakukan perbaikan. Kamu cuma ada pilihan beli sparepart yang genuine apabila terdapat komponen yang harus diganti.
(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang