Jusuf Kalla: 1 Mobil untuk 1 Keluarga Kini tak Cukup

Berita Otomotif

Jusuf Kalla: 1 Mobil untuk 1 Keluarga Kini tak Cukup

JAKARTA - Kendaraan kini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat sebagai bagian dari pergeseran kebutuhan mobilisasi masyarakat yang terus berkembang. Karena itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla sampai mengatakan bahwa sekarang satu mobil untuk satu keluarga tidaklah cukup.

Kendaraan kini menjadi kebutuhan primer. Semakin sibuk sebuah kota justru membuat pertambahan kendaraan semakin banyak. Kalau tadinya suatu keluarga hanya butuh satu mobil kemudian berkembang jadi dua atau tiga karena tuntutan situasi.

“Karena itu pameran otomotif seperti IIMS ini sangat penting untuk memberi gambaran dan pilihan kepada masyarakat, termasuk soal teknologi. Dalam kondisi pertumbuhan ekonomi yang baik, pameran seperti ini penting," katanya.

"Tetapi dalam suasana pertumbuhan ekonomi yang kurang kondusif, justru lebih penting lagi,” lugasnya di pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.

IIMS 2015 digelar selama 12 hari (19-30 Agustus) di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran. Menempati lahan pameran seluas 100.000 m² atau naik lebih dari 10% dibandingkan pameran tahun lalu.

IIMS 2015 menghadirkan 50-an brand mobil dan sepedamotor dari tiga benua (Amerika, Eropa, dan Asia). 

Dalam sambutan resminya, Wapres mengatakan beberapa hal terkait industri dan bisnis otomotif Indonesia. Ia paham sekali sektor ini karena dulunya adalah salah satu pengusaha otomotif nasional yang sukses. 

Dia juga pernah menjabat Menteri Perdagangan dan Perindustrian sebelum menjadi Wapres era SBY dan Jokowi. Ia sama sekali tak menggunakan teks selama bicara.

Industri dan bisnis otomotif, katanya, salah satu indikator kemajuan ekonomi sebuah negara. Pengembangan sektor ini juga penting karena multiflier effect-nya pada banyak aspek seperti pajak, tenaga kerja, pengembangan teknologi dan sebagainya. 

Di Indonesia sendiri saat ini sudah terdapat ratusan vendor yang menopang industri otomotif dalam negeri dan memiliki potensi terus berkembang.

Usai pembukaan resmi, Jusuf Kalla mengunjungi beberapa stand peserta pameran dan dalam beberapa kesempatan melakukan percakapan rileks. Ia bersama Ketua DPR-RI Setya Novanto, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri PAN & RB Yuddy Chrisnandi, Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat, Ketua GAIKINDO Jongkie Sugiarto dan sejumlah duta besar negara sahabat. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support