Jualan Mobil Honda Naik 2 Bulan Beruntun, Brio Masih Paling Laris

Berita Otomotif

Jualan Mobil Honda Naik 2 Bulan Beruntun, Brio Masih Paling Laris

JAKARTA – Penjualan mobil Honda naik 2 bulan berturut-turut sejak masa ‘new normal’ pandemi virus Corona (Covid-19) berlaku di Indonesia. Brio masih jadi model terlaris, khususnya Brio Satya di segmen low cost green car (LCGC). Malahan, kontribusinya makin besar.

Honda, melalui keterangan resmi pada awal pekan ini, mengumumkan pencapaian penjualan 4.036 unit pada Juli 2020 atau meningkat 62 persen dibandingkan sebulan sebelumnya. Ini adalah pertumbuhan penjualan 2 kali beruntun pertama mereka pada 2020.

Transaksi jual – beli Honda pada Juni sendiri, jika menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), adalah 2.488 unit. Juni adalah bulan pertama pemberlakuan new normal (hidup dengan norma-norma baru di tengah pandemi) sejak Covid-19 diketahui masuk Indonesia pada Maret 2020 dan meruntuhkan pasar mobil pada kuartal kedua.

Dengan capaian terkini, penjualan retail Honda selama Januari – Juli tahun ini berjumlah 44.848 unit. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019 (year on year), angkanya masih turun 46,76 persen.

“Meskipun secara total belum dapat menyamai penjualan tahun lalu, namun penjualan di bulan Juli kembali menjadi indikator positif setelah selama dua bulan berturut-turut menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan,” ucap Yusak Billy, Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Brio Terlaris Juli
City car Brio pada Juli kemarin masih menjadi kontributor penjualan terbanyak Honda. Brio Satya membukukan 1.697 unit, meningkat 102 persen dibanding bulan sebelumnya. Penjualan Honda Brio Satya tersebut menyumbang 42 persen dari total penjualan Honda, lebih besar dibanding kontribusi pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 33 persen.

Sementara itu, Brio RS naik pula dari 473 unit pada Juni menjadi 518 unit pada Juli. Secara keseluruhan, Honda Brio mengumpulkan penjualan sebesar 2.215 unit sepanjang bulan Juli lalu.

  

Model-model Honda lainnya juga ikut menunjukkan tren penjualan yang positif. HR-V terjual sebanyak 599 unit (meningkat 74 persen dari bulan sebelumnya), Jazz membukukan 434 unit (naik 48 persen), Mobilio terjual 282 unit (meningkat 72 persen), CR-V terjual 246 unit (meningkat 28 persen), BR-V menyumbang penjualan 112 unit (naik 70 persen), Civic Hatchback terjual 61 unit (meningkat 17 persen), Civic sedan berkontribusi 37 unit (tumbuh 42 persen).

Masih ada lagi Accord yang menyumbang 23 unit (naik 15 persen), City berhasil terjual 21 unit (meningkat 50 persen), Odyssey terjual sebanyak 5 unit (tumbuh 25 persen). Terakhir ada Civic Type R terjual satu unit setelah bulan sebelumnya tidak ada penjualan.

“Kontribusi dari pembeli pertama di segmen LCGC dan mobil keluarga menjadi faktor penting terhadap peningkatan penjualan tersebut. Kami berharap dapat mempertahankan tren ini dengan terus memberikan program penjualan yang memudahkan dan meringankan konsumen untuk membeli mobil Honda,” ujar Billy. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar