Jimny Bakal di Cekal di Eropa, Ini Jawaban Suzuki Inggris

Berita Otomotif

Jimny Bakal di Cekal di Eropa, Ini Jawaban Suzuki Inggris

LONDON - Suzuki Jimny dilaporkan tidak lolos standar emisi gas buang di Eropa dan kabarnya akan ditarik ke luar dari Benua Biru.

Mobil123.com sebelumnya telah memberitakan perihal kasus baru yang menimpa Suzuki Jimny di Eropa ini. Di mana menurut laporan Autocar India dengan mengutip sumber anonim belum lama ini, bakal ditarik dari pasar Eropa karena tidak memenuhi persyaratan emisi gas buang yang makin ketat di sana. 

Untuk diketahui, mulai 2021, Semua mobil yang dijual di Eropa wajib memiliki rata-rata angka emisi gas buang 95 gram/kilometer CO2. Sementara Jimny yang memiliki mesin bensin 4 silinder berkode K15B berkapasitas 1.5-liter, memiliki angka emisi gas buang 154 g/km CO2 untuk transmisi manual dan transmisi otomatis 170 g/km CO2.

Sejatinya Suzuki tidak punya masalah dengan hal ini. Karena mereka rata-rata menjual mobil kompak dengan mesin hybrid 12 volt atau 48 volt. Namun akankah Suzuki mengganti mesin Jimny di masa mendatang ?, hal tersebut belum terungkap.

Pihak Suzuki Inggris sendiri baru membuat pernyataan awal tentang nasib SUV legandarisnya ini di negaranya.

"Jimny akan tetap dijual di Inggris dalam jumlah yang sangat terbatas sepanjang tahun 2020. Kami akan melakukan segala upaya untuk memastikan pengiriman ke pelanggan yang telah melakukan pemesanan," jelas pihak Suzuki GB PLC yang bermarkas di Steinbeck Cres, Milton Keynes MK4 4AE, UK.

Pihak Suzuki Inggris juga mengatakan bahwa statement ini hanya berlaku di Inggris bukan di seluruh Eropa. Karena tentunya ada sedikit perbedaan di negara-negara Eropa lain yang juga dikenal "sangat kejam" atau ketat jika berbicara masalah aturan emisi gas buang kendaraan.

Sayangnya pihak Suzuki Inggris sama sekali tidak menjelaskan secara detail upaya apa yang bakal atau tengah mereka lakukan. Tentunya ini akan menjadi langkah yang cukup rumit.

Dari semua ini, ada beberapa langkah yang bisa diambil oleh Suzuki. Paling aman dan bersifat jangka panjang namun rada ekstrim adalah mengganti mesin yang sesuai dengan aturan di Eropa.

Atau ada opsi kedua di mana Jimny bisa masuk ke ke Eropa sebagai mobil komersial N1. Ini karena mobil dikategori ini punya pengecualian dari standar gas buang yang makin ketat di Eropa ini.

Dengan kondisi ini tentu Suzuki harus melakukan beberapa modifikasi. Di antarnya adalah penghilangan kursi baris belakang dan juga beberapa ubahan pada bagian interior. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar