Jangan Terlalu Sering Cuci Mobil saat Musim Hujan

Panduan Pembeli

Jangan Terlalu Sering Cuci Mobil saat Musim Hujan

JAKARTA – Curah hujan semakin tinggi membuat para pemilik kendaraan semakin sering mencuci kendaraannya.

Padahal, mencuci mobil terlalu ternyata memiliki dampak negatif. Karena dengan seringnya mencuci mobil saat hujan, maka mobil terus menerus terkena air akan membuat body dan mesin menjadi lembab. Hal tersebut membuat karat dan jamur muncul di kendaraan sehingga mobil akan terlihat kusam dan sulit untuk membersihkannya.

Namun jangan menjadikan itu alasan untuk menunda-nunda mencuci mobil. Sebaiknya pencucian mobil menyeluruh hanya dilakukan seminggu sekali di rumah dan minimal sebulan sekali di dealer untuk perawatan menyeluruh dalam musim hujan sekalipun.

Pencucian menggunakan lift hidrolis dapat menjadi solusi untuk mengatasi kotoran yang membandel. Namun, kegiatan tersebut sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering sebab dapat membuat komponen suspensi melemah.

Pada saat pencucian dan mobil diangkat, sistem suspensi dan kemudi mobil dalam kondisi menggantung dapat mengganggu kestabilan mobil karena spooring dan balancing dapat berubah. Mencuci mobil menggunakan lift hidrolis disarankan maksimal dua kali dalam sebulan. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support