Jangan Khawatir Isi BBM di SPBU Pertamina

Panduan Pembeli

Jangan Khawatir Isi BBM di SPBU Pertamina

JAKARTA - PT Pertamina (PERSERO) sadar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia tidak boleh setengah-setengah. Karena itu, PT Pertamina mengadakan sertifikasi Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 'Pasti Pas!' sejak tahun 2007 silam.

Nah, PT Pertamina (Persero) pun tidak segan-segan akan mencabut sertifikasi tersebut bila menemukan SPBU Pasti Pas! yang tidak bisa menjaga standar pelayanan sesuai prosedur yang berlaku.

Muhammad Resa assistant manager brand communication PT Pertamina Persero mengatakan langkah Pertamina menerapkan prosedur standar pelayanan bagi SPBU tersebut untuk menjaga kepuasan konsumen sekaligus dalam menghadapi persaingan di bisnis SPBU.

Dia menjelaskan Pertamina melibatkan Tuv --Badan Sertifikasi asal Jerman-- dan Balai Metrologi untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas BBM yang sesuai.

"Ada 160 item penilaian dari Tuv --Badan Sertifikasi TUV asal Jerman-- yang akan mengaudit SPBU per 2 bulan sekali. Sementara Balai Metrologi akan mengecek takaran 1 tahun sekali. Balai Metrologi akan menggunakan bejana tera untuk mengetahui kuantitas dari bahan bakar," kata Resa di SPBU 34-12902 jalan Gatot Subroto Jakarta, Senin (2/11/2015).

Rupanya, SPBU yang telah mendapat sertifikat tersebut wajib menjaga standarnya jika tidak ingin kehilangan sertifikat Pasti Pasnya, jika tidak maka SPBU tersebut akan kembali masuk ke daftar SPBU yang akan diaudit setiap bulannya.

Dia menambahkan, pengecekan 1 bulan sekali berlaku tidak hanya pasa SPBU Pasti Pas! bermasalah, tapi juga untuk SPBU yang belum mendapat sertifikasi Pasti Pas!. Tujuannya dilakukan hal tersebut guna memberikan kenyamanan kepada semua konsumennya dan guna menghadapi persaingan dari perusahaan – perusahaan SPBU asing.

Sedangkan jika Pertamina menemukan SPBU nakal dan tidak bisa lagi 'diarahkan', pihak Pertamina tidak segan-segan mengeluarkan surat PHU (pemutusan hubungan usaha) kepada SPBU tersebut.

"Kami berhak mencabut sertifikasi jika ada SPBU yang 'nakal' Setiap SPBU diwajibkan mempertahankan standarnya," ucapnya.

Saat ini Pertamina sudah memiliki 5.200 SPBU, dan 4.800 SPBU telah disertifikasi Pasti Pas!. Ciri dari sertifikasi Pasti Pas! adalah terdapat tulisan Pasti Pas! warna merah di depan pintu masuk SPBU.

Konsumen yang memiliki keluhan atau mencurigai SPBU Pertamina dalam berbisnis bisa melapor ke hotline Pertamina 021-500000. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual