Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Segera Dibangun

Berita Otomotif

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Segera Dibangun

MAGELANG – Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen akan dimulai Agutus 2021 dan diharapkan rampung pada Kuartal III tahun 2023.

Target ini diumumkan ketika penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dan Perjanjian Penjaminan Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di kawasan Candi Borobudur beberapa waktu lalu. Tol ini nantinya akan mewujudkan jalur segitiga emas yang menghubungkan Jogja-Solo-Semarang (Joglo Semar) dan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Dengan adanya jalan tol ini, maka Joglo Semar akan menjadi satu kawasan yang terintegrasi satu sama lain. Infrastruktur ini akan dihubungkan dengan infrastruktur yang telah dibangun pada periode sebelumnya,” ungkap Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sementara itu Mirza Nurul Handayani, Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen menjelaskan bahwa dengan adanya jalan tol ini, perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta akan berkurang setengahnya. Saat ini, perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam namun bila jalan tol sudah beroperasi penuh diharapkan bisa menjadi hanya 1,5 jam.

"Jalan tol ini akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Tengah sepanjang 67,05 Km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,77 Km. Pembangunannya terbagi atas enam seksi," tambah Mirza.

​Berikut adalah rincian dari enam seksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen:

  • Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sepanjang 8,25 Km
  • Seksi 2 Banyurejo sampai Borobudur sepanjang 15,26 Km
  • Seksi 3 dimulai dari Borobudur sampai Magelang sepanjang 8,08 Km
  • Seksi 4 dimulai dari Magelang sampai Temanggung sepanjang 16,46 Km
  • Seksi 5 dimulai dari Temanggung sampai Ambarawa sepanjang 22,56 Km
  • Seksi 6 dimulai dari Ambarawa sampai Bawen sepanjang 5,21 Km ​

Dalam pembangunannya, terdapat 5 Simpang Susun (SS) dan 1 Junction yang akan dibangun. Pembangunan akan dimulai dari Junction Bawen dan terkoneksi dengan Jalan Tol Semarang-Solo. Kemudian dilajutkan dengan SS Ambarawa, SS Temanggung, SS Magelang, SS Borobudur hingga SS Banyurejo yang terhubung dengan Junction Sleman Kec Melati, Kab Sleman, DI Yogyakarta dan terkoneksi dengan jalan tol Solo -Yogyakarta–YIA Kulon Progo.

Ia juga menambahkan bahwa jika sesuai dengan timeline perencanaan proyek, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen akan mulai memasuki tahap pembangunan konstruksi pada Agustus tahun 2021. Selanjutnya jalan tol akan beroperasi penuh pada Kuartal III tahun 2023. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar