Tol Padang – Sicincin Diharapkan Rampung Akhir Tahun Depan

Berita Otomotif

Tol Padang – Sicincin Diharapkan Rampung Akhir Tahun Depan

PEKANBARU – Pembangunan Tol Sirip Pekanbaru - Padang pada Padang – Sicincin sepanjang 30,4 km diharapkan dapat rampung pada akhir tahun 2021.

Sebelumnya diberitakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk tetap mempercepat pembangunan jalan tol di Indonesia. Tol Trans Sumatera kini menjadi salah satu fokus utamanya.

“Saya bersama jajaran terkait,  membahas percepatan proyek strategis nasional jalan tol, yaitu jalan tol Trans-Sumatra dan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Jalan tol Trans-Sumatera sepanjang kurang lebih 2.765 kilometer mudah-mudahan selesai tahun 2024,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumakan Rakyat (PUPR) pun menegaskan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan pembangunan. Salah satunya adalah jalan tol Sirip Pekanbaru - Padang pada Padang – Sicincin yang saat ini pembangunannya terlihat semakin positif.

Pembangunan Tol Padang – Sicincin dimulai pada Februari 2018 dan ditargetkan selesai serta beroperasi pada Desember 2021. Saat ini progres fisik Tol Padang – Sicincin mencapai 20,49% dan dinilai masih sesuai rencana.

“Cepat lambatnya pembangunan jalan tol ini semua tergantung pada tahapan pembebasan lahan berupa ganti untung pembebasan lahan. Konstruksi bisa lebih cepat bila lahan tersedia, dengan begitu program kerja bisa dilaksanakan sebaik–baiknya demi kesejahteraan masyarakat,” terang Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR.

Jalan Tol Pekanbaru – Padang sendiri mempunyai panjang total 254 km dan terbagi menjadi enam seksi, yaitu Seksi I Padang – Sicincin, Seksi II Sicincin – Bukittinggi, seksi II Bukittinggi – Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh – Pangkalan, seksi V Pangkalan – Bangkinang dan seksi VI Bangkinang – Pekanbaru. Secara keseluruhan ruas Tol Pekanbaru – Padang akan ditargetkan beroperasi pada tahun 2025.

Dari sisi Pekanbaru telah dimulai pembangunan ruas Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 40 km dengan progres fisik saat ini mencapai 20%. Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Padang dilaksanakan oleh PT Hutama Karya dengan nilai investasi Rp 78 triliun melalui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol yang ditandatangani pada tanggal 11 Oktober 2017. Kehadiran Tol Pekanbaru – Padang ini diharapkan bisa memangkas waktu tempuh yang semula menghabiskan 9 jam menjadi 3 – 4 jam.

Tol Pekanbaru – Padang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 km terdiri dari koridor utama dan pendukung yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama beserta jalan pendukung (sirip). Kehadiran tol ini diharapkan mampu berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di sektor pariwisata, migas dan pertanian/perkebunan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar