Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Isuzu Elf NLR, Minibus dengan Mesin Titisan Panther

Panduan Pembeli

Isuzu Elf NLR, Minibus dengan Mesin Titisan Panther

Segmen microbus menjadi andalan sebagai transportasi masyarakat ke wilayah pelosok. Salah satu model yang cukup populer digunakan untuk armada travel atau wisata berskala kecil yaitu Isuzu Elf. 

Isuzu Elf NLR telah melegenda jadi armada travel hingga  wisata. Microbus ini juga digunakan sebagai angkutan umum, bahkan banyak yang menyewakan mobil ini untuk kendaraan wisata luar kota. 

Isuzu Elf sering digunakan sebagai bus sekolah, atau bus-bus perusahaan di Asia. Nah, Elf cocok nih buat kalian yang ingin merintis usaha travel ataupun antar jemput sekolah maupun karyawan.

Isuzu Elf menjadi salah satu pilihan mobil komersial bagi pengusaha di Indonesia. Keunggulannya sebagai kendaraan niaga dengan harga yang ekonomis, dapat memuat banyak penumpang. 

Isuzu Elf, Memakai Basis Dari Truk Ringan

Kini Elf masuk ke generasi NLR yang didukung mesin titisan Isuzu Panther yaitu  dengan seri 4JJ1. Secara kategori, Isuzu Elf merupakan kendaraan dari kelas light duty truck. 

Untuk seri microbus ini hadir dalam varian NLR B. Varian minibus merupakan hasil konversi dari truk sasis yang kemudian dibuatkan kabin penumpang oleh karoseri.

Untuk versi pabrikan, pihak Isuzu Astra sebagai agen pemegang merek turut merakit body pada Elf NLR B microbus. Isuzu Astra juga mempersiapkan beberapa fitur menarik yang menjadi standar di Elf NLR microbus sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Sebelum Hiace masuk ke Indonesia, Elf senantiasa jadi andalan sebagai mobil travel semisal dari Jakarta ke Bandung. Kini kiprah Elf mulai tersisih oleh Toyota Hiace yang memiliki struktur bodi lebih kokoh karena bodinya dibangun langsung oleh pabrikan, bukan konversi dari sasis truk seperti pada Isuzu Elf.

Seperti apa menariknya Isuzu Elf NLR sebagai minibus untuk travel atau angkutan umum? Simak ulasannya berikut ini.

Kabin yang Luas dengan Daya Angkut Hingga 20 Orang

Isuzu ELF NLR B hadir dengan panjang yang optimal sehingga memiliki kapasitas dan daya angkut yang sesuai kebutuhan. Desainnya memiliki kaca depan yang lebih tegak dan besar, membuat jarak pandang lebih luas, memberikan rasa aman dan nyaman yang ekstra bagi pengemudi. 

Dengan panjang total hingga 6,1 meter untuk tipe Isuzu Elf NLR 55B Lx dan Isuzu Elf NLR 71B L dapat memaksimalkan keuntungan bisnis dengan jumlah seat hingga 20 orang.

Pada elf NLR B versi Short berkapasitas 16 orang penumpang, dengan susunan kursi 3-3-3-3-4. Sedangkan Isuzu Elf Long berpakasitas 19 orang penumpang dengan susunan 3-3-4-3-4. 

Untuk meningkatkan kenyamanan dan kegunaan fitur dalam kabin, kini Isuzu ELF NLR B dilengkapi dengan slot USB charger di dashboard. Dengan begini pengemudi maupun penumpang dapat menikmati perjalanan tanpa khawatir kondisi baterai ponsel.

Memakai Jenis Mesin Diesel Turbo Warisan Isuzu Panther

Isuzu ELF NLR B dilengkapi dengan mesin 2.700 cc 4JJ1-TCC serupa dengan milik Panther Turbo, yang kini menggunakan teknologi mesin Common Rail dan dilengkapi Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC). Teknologi tersebut sehingga mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar Euro4. 

Dengan Engine Control Unit (ECU) yang terdapat pada mesin common rail, kini Isuzu ELF NLR B mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar (120 PS/2.600 rpm dan 36 kg.m/1.500 rpm)

Minibus ini menggunakan transmisi MYY6S dengan 6 tingkat percepatan yang mampu memaksimalkan efisiensi bahan bakar, serta memiliki first gear ratio yang lebih besar, sehingga menghasilkan torsi lebih besar yang berguna saat di jalur pegunungan.

Mesin ini tangguh dan kuat untuk jarak jauh. Selain itu, mesin Isuzu dari seri 4JJ1 telah teruji hemat bahan bakar. Dengan begitu mampu meningkatkan keuntungan bisnis dan mendukung segala peruntukan operasional usaha.

Lincah Bermanuver


Isuzu Elf Microbus adalah salah satu pilihan tepat untuk armada angkutan penumpang. Mulai dari melintasi kemacetan kota hingga naik turun pegunungan, ELF Nlf Microbus siap antarkan penumpang sampai tujuan. 

Isuzu Elf dengan ukuran yang besar memiliki kemampuan manuver yang lincah. Microbus ini tidak kalah lincahnya dari mobil-mobil MPV, sehingga dapat bermanuver dengan baik di jalanan pelosok. 

Ini karena Isuzu Elf NLR Microbus juga dilengkapi dengan power steering untuk menunjang kenyamanan mengemudi.

Itulah mengapa, kendaraan ini jadi andalan melintasi jalur-jalur dengan kondisi jalan yang cukup menantang. Ini terbukti dari penggunaan Elf sebagai transportasi antar kota kecil terutama wilayah pegunungan.

Sistem Suspensi yang Nyaman dan Pengereman yang Mumpuni

Suspensi yang digunakan pada Isuzu Elf juga cukup mumpuni dalam menghadapi bobot penumpang sekaligus jalanan Indonesia yang tidak semuanya berupa aspal halus. Suspensi depan dan belakang menggunakan tipe Semi Eliptical Laminated Leaf Spring sehingga memberikan keseimbangan antara suspensi depan dengan suspensi belakang. 

Ukuran ban yang tebal menjamin daya cengkram mobil ini tetap terjaga dengan baik, 225/75R16 dan memiliki ukuran velg 16 x 7.00. 

Sistem pengereman pada Isuzu Elf ini juga cukup baik, menggunakan sistem Hydraulic with Vacuum Booster sehingga memberikan efek pengereman yang pakem namun tetap nyaman.

Fitur Keselamatan yang Pas-pasan

Terdapat fitur-fitur yang menunjang keamanan dan keselamatan, seperti exhaust brake yang membantu pengereman secara maksimal.

Kemudian terdapat fitur kamera mundur untuk keselamatan yang optimal. Pengemudi dapat melihat kondisi dibagian belakang kendaraan, sehingga memudahkan pengemudi saat mundur atau memarkir kendaraan.

Isuzu ELF NLR B dilengkapi dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk memaksimalkan keamanan pada kondisi kebakaran. 

Kemudian, Isuzu ELF NLR B dilengkapi dengan sensor Cabin Lock Warning Buzzer yang memberikan tanda peringatan saat kabin belum terkunci, sehingga membantu memaksimalkan keselamatan pengemudi saat berkendara.

Namun demikian, Isuzu Elf belum dilengkapi airbag karena memang basisnya yang merupakan hasil konversi dari light truck.

Kesimpulan

Melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh Isuzu Elf, mobil ini sebenarnya telah mencukupi kebutuhan dasar dari sebuah microbus. Elf memiliki kemampuan yang ideal sebagai angkutan penghubung kota-kota kecil terutama di jalur pegunungan. 

Keunggulan yang hanya dimiliki oleh Isuzu Elf ialah kapasitas penumpang yang cukup besar, hingga 20 orang termasuk pengemudi serta kemampuan manuver yang lincah. Hal tersebut membuatnya selalu jadi andalan bagi pengusaha angkutan yang membutuhkan kendaraan untuk wisata ke kawasan wisata terpencil.

Karena kemampuannya tersebut, Elf sering digunakan sebagai mobil wisata ataupun bus antar kota. 

Selain itu, sistem suspensi bawaannya termasuk empuk walau merupakan hasil konversi dari sasis truk ringan. Ini membuat penumpang jadi cukup nyaman saat perjalanan dalam waktu lama.

Tak kalah penting, harga Isuzu Elf Minibus jelas lebih murah daripada Toyota Hiace, sehingga cukup terjangkau bagi para pengusaha yang baru merintis di bidang transportasi. 

Isuzu Elf memang dikenal akan kualitasnya yang tangguh dan andal, serta efisiensi bahan bakar yang baik. Membeli Isuzu Elf seperti sebuah investasi bisnis yang akan sebanding dengan performa dan daya tahannya.

Berdasarkan fakta tersebut, Isuzu Elf masih bisa memberi perlawanan pada Hiace dari segmen microbus.



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang