Isuzu Eco Drive Contest 2016, Ajang Adu Irit Pengemudi Truk

Berita Otomotif

Isuzu Eco Drive Contest 2016, Ajang Adu Irit Pengemudi Truk

TANGERANG – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) bersama dengan dealer 3S Isuzu mengadakan Eco Drive Contest, sebuah kontes efisiensi bahan bakar untuk pengemudi Isuzu Giga, dari Juni-Juli lalu.

Isuzu Giga adalah truk medium bermesin common rail pertama di Indonesia. Parameter kontes ini menggunakan data konsumsi bahan bakar aktual dari data DRM (Data Record Module) yang merupakan fitur pada Isuzu Giga.

Penilaian dilakukan dengan cara mendownload data dari DRM dari DRM masing masing truk pada awal perlombaan. Data ini diperlukan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar actual sebelum kontes dimulai. Kemudian pengemudi mendapatkan pelatihan dari Isuzu tentang mengemudi truk yang ekonomis.

Tips tersebut di antaranya adalah menjaga kecepatan maksimal truk, tidak menggunakan putaran mesin tinggi, sebisa mungkin menggunakan gigi tinggi, menggunakan engine brake yang efektif, kecepatan konstan dan meminimalkan idling kendaraan.

Setelah 3-4 minggu dari download DRM pertama, tim penilai akan kembali mendownload data konsumsi bahan bakar untuk kedua kalinya dan membandingkan antara data sebelum dan setelah traning.

Eco Drive Contest 2016 ini diselenggarakan untuk konsumen Isuzu Giga terpilih di area Jabodetabek yaitu PT Kurnia Mitra Selaras, PT Garda Depan, PT Nippon Konpo Inologistik, PT ARK Logistik, PT Bhakti Idola Tama dan PT Satyamitra Kemas Lestari.

Masing-masing perusahaan diwakili oleh 5 orang pengemudi dan selanjutnya dipilih 2 pemenang. Pemenang dari masing-masing perusahaan berhak mendapatkan hadiah dari PT IAMI.

“Jadi kontes ini bukan antar perusahaan, tapi antara sopir di perusahaan tersebut. Kenapa bukan antar perusahaan? Karena masing-masing perusahaan membawa beban berbeda, jadi tidak adil kalau kita mengadu perusahaan yang membawa beban 2 ton dengan 1 ton,” ungkap Rodko Purba, Division Head Service PT IAMI. [Adi]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual