Ini Tingkat Keamanan Mobil Murah Setelah Dites Tabrak

Panduan Pembeli

Ini Tingkat Keamanan Mobil Murah Setelah Dites Tabrak

BANDUNG - Dalam beberapa tahun terakhir, mobil Low Cost and Green Car (LCGC) banyak mewarnai jalanan Indonesia. Namun, seberapa amankah mobil LCGC ketika di tes tabrak? Ini dia hasilnya.

Pada tes tabrak yang digelar lewat program New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP), Datsun GO, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya di tes tabrak untuk melihat seberapa aman model-model ini.

ASEAN NCAP melakukan serangkaian tes bersama Institut Teknologi Bandung di Bandung beberapa waktu lalu.

Hasilnya, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya mendapat hasil baik, sementara Datsun GO dianggap masih butuh peningkatan keamanan.

"Karena ruang yang terbatas, penting untuk memastikan struktur hatchback yang kuat dan mampu melindungi penghuni dari cedera parah dalam kecelakaan," kata Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP Khairil Anwar Abu Kassim.

"Juga, fitur keselamatan pasif dan aktif misalnya airbag dan Electronic Stability Control memainkan peran utama dalam meminimalkan keparahan cedera terhadap penumpang kendaraan. ASEAN NCAP akan mencakup semua elemen ini setelah memeriksa kendaraan di tes tabrak," paparnya.

Dia lalu menambahkan bahwa NCAP memiliki tanggung jawab untuk menginformasikan kepada konsumen seberapa tingkat keamanan kendaraan. Berdasarkan peringkat bintang, konsumen akan dapat menentukan mobil yang memberikan mereka perlindungan terbaik bila kecelakaan terjadi.

Berikut adalah hasil tes dari Datsun GO, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

Daihatsu Ayla
Ada dua versi Daihatsu Ayla yang dites ASEAN NCAP. Pada Daihatsu Ayla Non-Airbag, penilaian di AOP hanya mendapat 1 bintang dengan 5,56 poin. Sedangkan berkaitan dengan COP, Ayla (Non-Airbag) mendapat 2 bintang.

Sedangkan versi airbag dari Daihatsu Ayla mencapai peringkat 4 bintang untuk AOP dengan 12,84 poin. COP yang diperoleh 3 bintang.

Toyota Agya
Karena Toyota Agya dan Daihatsu Ayla berbagi struktur dan platform, nilai untuk AOP sama dengan Daihatsu Ayla (12,84 poin). Tapi Agya menerima skor yang relatif baik untuk COP dengan rating 4 bintang.

Datsun GO
Memulai debut pada tahun 2014, model ini mencetak 6.82 poin untuk perlindungan penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP). Ini membuat model tersebut mendapat hanya 2 bintang. 

Perlindungan terhadap penumpang anak atau Child Occupant Protection (COP) juga mendapat 2 bintang. [Syu/Idr]



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support