Daihatsu Xenia Tak Berkutik Dihadapan Sigra dan Gran Max

Berita Otomotif

Daihatsu Xenia Tak Berkutik Dihadapan Sigra dan Gran Max

JAKARTA – Xenia akhirnya keluar dari 5 besar mobil terlaris Daihatsu karena kalah dari Sigra serta Grand Max.

Daihatsu Xenia sebenarnya sempat menjadi salah satu tulang punggung penjualan Daihatsu di Indonesia. Sayangnya, sejak kehadiran Daihatsu Sigra ditambah dengan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pesona dari Daihatsu Xenia seakan memudar.

Hal ini terlihat dari jumlah penjualan Xenia sepanjang Januari-Oktoner 2019 yang hanya berhasil terjual sebanyak 7.968 unit. Jumlah tersebut hanya berkontribusi sebanyak 9,8% dari total penjualan Daihatsu di Indonesia. Akibatnya, Daihatsu Xenia hanya berada di posisi keenam dari 8 mobil yang dijual oleh Daihatsu.

Daihatsu Xenia

Posisi pertama justru diambil oleh adiknya yaitu Daihatsu Sigra yang berhasil mengumpulkan penjualan sebesar 21.700 unit. Dengan jumlah ini, Daihatsu Sigra berhak untuk menjadi mobil terlaris Daihatsu dan berkontribusi sebesar 26,6% dari total penjualan.

Posisi kedua diisi oleh Gran Max Pick-Up yang berhasil terjual sebanyak 19.058 unit atau setara dengan 23,3%. Sedangkan posisi ketiga diisi oleh Terios dengan jumlah penjualan mencapai 11.891 unit (14,6%).

Daihatsu Ayla pun berhasil mengamankan posisi keempat dengan hasil penjualan sebesar 10.478 unit dan berkontribusi sebesar 12,8% dari total penjualan. Kemudian di posisi kelima diisi oleh Gran Max dengan penjualan sebesar 8.081 unit, setara 9,9%.

Daihatsu Luxio

Hanya Luxio dan Sirion saja yang angka penjualannya kalah dari Xenia. Gabungan penjualan Luxio dan Sirion hanya berhasil mengumpulkan penjualan sebanyak 2.447 unit atau berkontribusi 3% dari total penjualan.

Total penjualan retailsales sepanjang Januari-Oktober Daihatsu sendiri mencapai 81.623 unit kendaraan. Jumlah ini masih kalah jauh bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dengan perolehan 143.217 kendaraan terjual.

Meski demikian, marketshare retailsales dan wholesales Daihatsu tahun ini justru membaik. Retail sales Daihatsu berhasil meraih marketshare sebesar 18%. Sementara pada periode yang sama tahun lalu, Daihatsu hanya meraih 16,9%. Hal serupa juga terjadi pada wholesales dimana mereka berhasil menguasai 18,4% marketshare Januari – Oktober 2020 dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 17,7%.

“Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tetap mencatatkan hasil positif. Marilah kita tetap semangat, jaga kesehatan, selalu berpikir positif, dan tetap mempersiapkan diri yang terbaik untuk menghadapi masa depan”, ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar