Ini Dia yang Bikin SUV 'Dua Alam' BMW Makin Gemilang

Panduan Pembeli

Ini Dia yang Bikin SUV 'Dua Alam' BMW Makin Gemilang

JAKARTA - Menjelang Hari Raya Lebaran 2015, BMW Indonesia meluncurkan SUV 'dua alam' all-new BMW X5 M dan BMW X6 M. Dengan harapan konsumen BMW bisa merasakan kenyamanan saat pulang ke kampung halaman. Apalagi pulang ke kampung melewati kondisi jalan yang rusak parah.

All-new BMW X5 M dan BMW X6 M dirasa sangat pas, terlebih kedua kendaraan ini mengandalkan sistem all wheel drive (AWD) yang digerakkan mesin 4.4-liter V8 menghasilkan tenaga mesin  maksimum sebesar 575 hp.

Melihat teknologinya, kendaraaan asal Jerman ini tidak hanya mengandalkan mesinnya saja. BMW memperkuatnya dengan berbagai keunggulan.

Desain

Mulai dari desain. All-new BMW X6 M merupakan perpaduan antara desain kendaraan coupe yang atletis dan DNA motor sport khas kendaraan BMW M. Gabungan teknologi  kendaraan sport yang ekspresif dengan desain BMW X coupé yang emosional merepresentasikan sebuah kendaraan Sport Activity Coupé dengan desain elegan dan dinamis.

Asupan udara besar dan "kidney" luas pada kisi-kisi radiator, dengan tampilan BMW M double-bar, merupakan respon terhadap kebutuhan akan pendinginan udara tinggi yang dihasilkan oleh performa tinggi mesin, transmisi dan rem depan. Meskipun kendaraan membutuhkan pendingin, dan hadir dengan perlindungan maksimal bagi pejalan kaki, para desainer BMW berhasil mengintegrasikan lampu kabut di bagian depan kendaraan.

Kedua model BMW M terbaru ini hadir dengan lampu depan khas BMW X6. Selain itu, kedua kendaraan ini juga hadir dengan desain eksterior yang mengoptimalkan keaerodinamisan kendaraan.

Perbedaan karakter all-new BMW X5 M dan BMW X6 M sangat terlihat ketika kedua model tersebut dilihat dari bagian samping kendaraan. All-new BMW X5 M memperkuat penampilan dan fungsionalitasnya dengan perawakan tegak, garis atap panjang dan permukaan jendela yang luas. Sebaliknya, all-new BMW X6 M menampilkan garis-garis dinamis sebuah BMW Sports Activity Coupé yang tegas melalui glasshouse yang melengkung halus, garis atap landai dan bentuk wedge yang jelas.

Fitur spesifik BMW M dari kedua model ini mencakup cermin eksterior twin-stalk dengan indikator samping integral. Unsur khas BMW M lainnya adalah gills di panel samping bagian depan dengan trim krom, dan Air Breather dengan badge BMW M.

All-new BMW X5 M dilengkapi dengan velg standar aloi-ringan BMW M 20-inci yang dipoles warna Orbit Grey hadir dengan mixed tyres. All-new BMW X6 M dilengkapi dengan roda standar alumunium BMW M 21" yang juga dipoles warna Orbit Grey hadir dengan mixed tyres.

Rem performa tinggi motor sport.

Potensi dinamis yang luar biasa dari all-new BMW X5 M dan BMW X6 M didukung oleh rem performa tinggi standar dengan kaliper tetap 6-piston besar di depan dan kaliper mengambang 1-piston di belakang. Semua rem cakram berlubang dan berventilasi dalam, dan kaliper rem hadir dengan cat metalik Dark Blue – khas BMW M – ditempatkan pada roda depan ditandai dengan logo M.

Interior

Nuansa sporty di dalam all-new BMW X5 M dan BMW X6 M  diperkuat oleh kursi elektrik sport M yang eksklusif untuk pengemudi dan penumpang depan – yang dibalut kulit halus Merino dengan jahitan kontras dan logo M di sandaran punggung. Juga dilengkapi dengan panel instrumen BMW Individual berlapis kulit.

Door sill strip dengan tulisan model, lajur trim interior dari aluminium, dan pelapis atap BMW Individual berwarna antrasit serta trim interior fiber Carbon memberikan sentuhan eksklusif pada desain interior.

Penikmat kendaraan sport akan menyambut dengan baik hadirnya aplikasi BMW M Laptimer, yang memungkinkan pemilik kendaraan untuk menganalisis gaya mengemudi pribadi mereka. Setelah smartphone mereka terhubung dengan kendaraan BMW – melalui kabel USB atau adaptor snap-in – pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan aplikasi BMW M Laptimer menggunakan iDrive Touch Controller.

Aplikasi ini kemudian akan bekerja tanpa jeda, merekam kecepatan mobil, akselerasi longitudinal dan lateral, perputaran mesin, gigi transmisi yang digunakan, sudut kemudi, posisi pedal gas, dan konsumsi bahan bakar. Itu berarti, saat data dianalisa melalui tampilan grafis di smartphone pengguna, reaksi pengemudi juga dapat dianalisa. Fitur lainnya memungkinkan dua rekaman pada jalur yang sama untuk dibandingkan pada setiap rute. Analisa ini dapat berupa data pengemudi, atau data lain yang dikirimkan melalui email.

All-new BMW X5 M dan BMW X6 dilengkapi sound sistem harman/kardon surround sound speaker dan Park Distance Control dengan kamera rear-view.

Mesin

BMW menawarkan keduanya dengan mesin M TwinPower Turbo inovatif dengan sepasang TwinScroll turbochargers, cross-bank exhaust manifolds, VALVETRONIC dan High Precision Direct Petrol Injection, dan mesin 4.4-liter V8 ini menghasilkan tenaga mesin  maksimum sebesar 575 hp pada 6.000-6.500 rpm.

Angkanya meningkat 20 hp dari pendahulunya. Peningkatan bahkan lebih jelas dari segi tenaga mesin baru tersebut. Torsi puncak sebesar 750 Nm pada 2.200 dan 5.000 rpm. Torsinya telah naik 70 Nm atau naik 10 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tenaga all-new BMW X5 M dan BMW X6 M disalurkan melalui transmisi BMW M Steptronic 8-speed dengan Drivelogic.

Dengan segudang fitur tersebut, all-new BMW X5M dan all-new BMW X6 M dijual dengan harga masing-masing Rp 3,149 miliar dan Rp 3,249 miliar (off the road Jabodetabek). [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support