Ini Dia 10 Mobil Irit BBM

Panduan Pembeli

Ini Dia 10 Mobil Irit BBM

JAKARTA - Masyarakat Indonesia baru saja merasakan kenaikan harga BBM bersubsidi. Bagi Anda yang sedang mencari mobil baru, kami sarankan untuk memilih mobil irit dan ramah lingkungan.

Bagi para first buyer, mobil irit dan ramah akan membantu menghemat dana mereka. Kami sajikan 10 daftar mobil irit BBM (berdasarkan abjad), 6 mobil di antaranya masuk kategori LCGC.

1. Datsun GO Panca
Siapa yang tidak kenal mobil satu ini. Mobil LCGC (mobil murah dan ramah lingkungan) yang terakhir diluncurkan di Indonesia ini memiliki konsumsi bahan bakar minyak (BBM) paling sedikit 20 km/liter, sesuai regulasi pemerintah. Datsun GO Panca Hatchback ini dibekali mesin HR12DE berkapasitas 1.198cc 3 silinder, yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

2. Datsun GO+ Panca
Mobil ini merupakan versi panjang atau MPV dari Datsun GO Panca. Artinya tidak banyak perbedaan. Spesifikasi mesin sama dan keiritannya jangan diperbebatkan lagi.  Datsun GO+ Panca bisa menamping 5 penumpang dewasa dan 2 penumpang anak-anak.

3. Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla dengan gudang mesin 1.0-liter sangat menghemat isi kantong dan sudah bersertifikasi irit dari Pemerintah yakni 20 km/liter.

4. Honda Brio Satya
Honda Brio Satya yang tersedia dalam model A, S dan E dengan sokongan mesin kapasitas 1.200 cc 4 silinder dan hanya tersedia transmisi manual 5-speed. Honda Brio Satya cocok untuk di perkotaan, dan mumpuni untuk keluar kota. Konsumsi BBM masih sama dengan 3 LCGC di atas (20 km/liter).

5. Kia Morning
Kia Morning 1.0-liter tidak masuk kategori LCGC, tapi keiritannya menyangingi mobil LCGC yang beredar saat ini. Dalam uji internal Kia Mobil Indonesia (KMI), Kia Morning mampu menjangkau 18,57 km dengan 1 liter bensin.

6. Mitsubishi Mirage
Mobil kecil daya tampung 5 penumpang dewasa ini juga termasuk mobil irit BBM. Mitsubishi Mirage disokong mesin 1.2-liter 3 silinder DOHC MIVEC yang bisa berjalan sejauh 22 km dengan meminum 1 liter bensin (klaim Mitsubishi Thailand).

7. Suzuki Karimun Wagon R
Suzuki R Wagon mengusung desain body yang berbeda dari kategori LCGC lainnya. Desainnya bodinya agak tinggi sehingga menciptakan kesan lega pada kabin penumpang. Dan mesin 1.0-liter K10B DOHC juga sangat irit seperti mobil LCGC lain.

8. Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga dibekali mesin bensin K14B 1.4-liter DOHC yang menggunakan teknologi VVT di mampu menghasilkan pembakaran sempurna sehingga lebih hemat BBM. Menurut hasil tes internal Suzuki, konsumsi BBM-nya mencapai 16,3 km/liter.

9. Toyota Agya
Kembaran Daihatsu Ayla satu ini tidak kalah penting. Inovasi yang dilakukan Toyota pada Toyota Agya sama baiknya dengan produsen mobil yang mengikuti regulasi LCGC. Toyota Agya disokong mesin 1.0-liter 3-silinder DOHC.

10. Toyota Prius
Toyota Prius memang bukan mobil dengan mesin kapasitas 1.500cc ke bawah, melainkan 1.800 cc. Tapi hasil konsumsi BBM yang dikeluarkan mesin itu menyaingin mesin 1.200, berkat teknologi hybrid yang diembannya. Toyota Prius sanggup berjalan lebih dari 30 km bermodal 1 liter (klaim Toyota di Jepang). [Ikh/Idr]

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual