Ini Beragam Fasilitas Keselamatan di Tol Cipali

Berita Otomotif

Ini Beragam Fasilitas Keselamatan di Tol Cipali

CIREBON – Astra Tol Cipali menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan pengembangan agar ruas tol Cipali semakin aman untuk dilalui.

Tidak dapat dipungkiri bahwa telah terjadi beberapa kali kecelakaan maut yang menewaskan para korbannya dalam beberapa bulan terakhir. Kondisi tersebut menjadi perhatian khusus, apakah tol ini memang sudah dilengkapi dengan fasilitas keselamatan yang memadai.

Berdasarkan informasi yang kami miliki, Astra Tol Cipali sebenarnya memiliki program 3E (Education, Engineering dan Enforcement) untuk meningkatkan keselamatan. Program tersebut pun terus dilakukan dan menggandeng beberapa pihak.

Salah satu yang masuk ke dalam bidang Education adalah dengan bekerjasama Kementrian Perhubungan dan Polda Jawa Barat. Dalam kerjasa itu, mereka tiga bulan sekali melakukan operasi penindakan over dimension dan overload (ODOL) kepada kendaraan golongan 2-5.

Ini Beragam Fasilitas Keselamatan di Tol Cipali
Tidak hanya itu, sinergi Astra Tol Cipali dan Polda Jawa Barat dalam melakukan operasi speed gun atau batas kecepatan setiap 2 bulan sekali guna memberikan efek jera. Langkah ini adalah ajakan untuk berkendara sesuai aturan dengan tertib mematuhi batas kecepatan min. 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam.

Pada sisi engineering, Astra Tol Cipali juga melakukan penambahan fasilitas keselamatan dengan memasang pembatas jalan yang biasa disebut wire rope. Saat ini  sudah terpasang sepanjang 44 KM sampai akhir Desember akan terpasang 79 Km dan dipastikan sebelum Lebaran tahun 2021 wire rope akan terpasang di Ruas Tol Cipali sepanjang 106 KM.

Wire rope merupakan pagar pembatas dari sling baja yang mampu menahan beban kendaraan sampai dengan 80 ton. Dengan pemasangan wire rope ini diharapkan fatalitas yang terjadi di Tol Cipali akan terus menurun.

Astra Tol Cipali juga memasang marka speed reducer yang berfungsi sebagai marka peringatan bagi pengguna jalan agar tetap fokus dan waspada saat berkendara. Marka speed reducer terdiri dari jenis marka dragon teeth dan marka chevron. Inovasi ini sudah terpasang sepanjang 8 KM pada Ruas Tol Cipali di sepanjang tahun 2020.

Pada sisi education, Astra Tol Cipali melakukan sosialisasi keselamatan berkendara maupun himbauan berkendara kepada pengguna jalan melalui media luar ruang. Mulai dari Spanduk, Variable Message Sign (VMS) dan videotrone baik yang berada di akses maupun di dalam Ruas Tol Cipali.

Selain itu Astra Tol Cipali juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui media sosial twitter dan Instagram @astratolcipali. Dalam edukasi tersebut diberikan himbauan untuk selalu tertib berkendara serta sosialisasi terkait dengan berbagai fasilitas layanan yang dimiliki Astra Tol Cipali. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar