Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ini Alasan Baterai Mobil Hybrid Ada di Belakang

Berita Otomotif

Ini Alasan Baterai Mobil Hybrid Ada di Belakang

JAKARTA – Mobil hybrid memiliki dua mesin yaitu mesin konvensional dan motor listrik yang tenaganya bersumber dari baterai. Namun, di manakan lokasi baterai yang digunakan oleh mobil hybrid?

Lokasi baterai ternyata diletakkan di belakang, tepatnya di bawah kursi penumpang. Peletakkan baterai ini pun ternyata tidak sembarangan dilakukan karena pempatannya memiliki perhitungan tersendiri. Hal ini disampaikan oleh Product Knowladge PT Toyota Astra Mobil (TAM), Gandi Ahimsaputra.

“Baterai sengaja diletakkan dibelakang untuk memberikan distribusi berat yang merata. Depan sudah diberi beban mesin, bila kita letakkan baterai lagi maka beban di depan semakin berat sementara belakang kosong. Untuk itu, baterai harus diletakkan di bekalang agar menjaga distribusi berat pada kendaraan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, suhu mesin dan baterai pun menjadi pehitungan tersendiri. Saat berkendara, mesin akan meningkat suhunya, demikian juga baterai. Untuk itu, pemisahan mesin dan baterai pun  diharapkan dapat mengurangi suhu keduanya.

“Baterai itu panas untuk itu diperlukan pendingin. Untuk mendinginkannya, maka diambil udara dari dalam kabin dari saluran udara yang ada di kursi baris kedua. Suhu kabin biasanya rendah karena menggunakan pendingin udara. Dengan demikian diharapkan suhu baterai tetap terjaga,” tambahnya.

Ia pun menyebut bahwa usia baterai berbeda dengan usia aki yang harus diganti secara berkala. Usia baterai bisa mencapai enam tahun sehingga pelanggan tidak perlu khawatir terkait biaya perawatan baterai.

“Hingga saat ini tidak ada angka pasti usia dari baterai. Namun secara umum, baterai tidak perlu diganti hingga lima atau enam tahun. Asal merawatnya benar, maka usia baterai bisa lebih tinggi,” pungkasnya. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang