Ingat, Asuransi Tidak Bisa Dipindah Tangan

Panduan Pembeli

Ingat, Asuransi Tidak Bisa Dipindah Tangan

JAKARTA – Umumnya dalam membeli mobil bekas pedagang akan melakukan beragam cara agar mobil dapat terjual. Salah satunya adalah dengan memberikan asuransi pemilik sebelumnya.

Padahal menurut M. Bangun Pambudi, Manager Survey dan Garda Siaga Asuransi Astra hal tersebut tidak bisa dilakukan. Hal ini tertuang dalam Pasal 10 tentang Pengalihan Kepemilikan dengan bunyi ‘Apabila Kendaraan Bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan beralih kepemilkannya dengan cara apapun, Polis ini berakhir dengan sendirinya setelah 10 (sepuluh) hari kalender sejak tanggal pengalihan kepemilikan tersebut, kecuali apabila Penanggung memberikan persetujuan secara tertulis untuk melanjutkan pertanggungan.’

“Jadi kalau membeli mobil bekas dan pemilik sebelumnya memiliki asuransi lalu menawarkan asuransinya, itu tidak berlaku. Kecuali bila pemilik baru melaporkan kepada kami lalu melakukan perhitungan kembali,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan perubahan nama tersebut disebut dengan endorsement dan Tertanggung hanya membayar sejumlah biaya kemudian asuransi akan dilanjutkan kembali. Dengan demikian, mobil akan tetap tercover asuransi.

Namun, Bagus tidak memungkiri bahwa peraturan tesebut memiliki kelemahan. Salah satunya adalah bila pemilik baru meminta tolong kepengurusan kerusakan terhadap pemilik sebelumnya. Untuk itu pihaknya akan memeriksa kembali kepemilikan kendaraan.

“Apabila kami memiliki bukti kuat bahwa mobil sudah berganti kepemilikan, maka kami berhak untuk menolak klaim. Namun bila tidak terbukti maka kami wajib untuk membayar klaim sesuai dengan laporan,” pungkasnya. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual