Incar Pasar Mobil Otonom, Intel Beli Saham Here dari Nokia

Berita Otomotif

Incar Pasar Mobil Otonom, Intel Beli Saham Here dari Nokia

ESPOO - Intel mengumumkan telah membeli saham Here, perusahaan pemetaan dari Nokia sebesar 15 persen dengan harga yang tidak disebutkan.

Intel mengaku pembelian saham sebesar 15 persen tersebut akan membuat mereka dapat bekerja sama untuk mengembangkan peta berkualitas tinggi untuk mobil otonom. Sejak Here digunakan oleh para produsen mobil Jerman, maka tidak akan sulit lagi untuk memperkirakan mobil apa saja yang menggunakan teknologi mereka.

Here merupakan salah satu napas terakhir dari Nokia yang secara bertahap telah menghentikan produksi ponsel mereka. Here sudah dijual pada tahun 2015 lalu dengan rumor Uber akan menjadi pembeli utamanya. Namun kenyataannya, sebuah konsorsium yang mewakili industry otomotif Jerman mengeluarkan dana sebesar $3,07 miliar atau sekitar Rp 41,35 triliun guna mengamankan Here untuk sistem navigasi mereka.

Ed Overbeek, CEO Here mengatakan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan beberapa hal seperti ‘real-time, self healing dan high-definition dari kondisi nyata. Ini artinya, Here mampu memperbarui peta dengan data terbaru dan menggunakan komputer unruk mengidentifikasi potensi bahaya dan memperingatkan kendaran lain di dekatnya.

Sementara itu MobilEye yang hingga saat ini masih menjadi penyedia sensor untuk Autopilot Tesla merupakan rekan dari Intel dan Here. MobilEye telah berpartner dengan Intel untuk mengembangkan teknologi mobil otonom  dan memiliki kesepakatan dengan Here untuk membangun plug-and-play self-driving car platform di industry otomotif.

Langkah yang dilakukan Intel telah menunjukkan bahwa mereka cukup agresif dalam mengembangkan perusahaan. Intel jelas terlihat ingin menjadi pemain kunci dalam teknologi mobil otonom di masa depan. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support