Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hyundai Ioniq 5 Hadir di Indonesia, Akan Diproduksi di Bekasi?

Berita Otomotif

Hyundai Ioniq 5 Hadir di Indonesia, Akan Diproduksi di Bekasi?

JAKARTA – Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dihadirkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada gelaran The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia. Sebuah pameran yang diselenggarakan Hyundai untuk menampilkan kendaraan-kendaraan listrik.

Kehadiran Hyundai Ioniq 5 menjadi daya tarik tersendiri, karena digadang-gadang akan dirakit di Indonesia. Namun sayangnya, Hyundai belum secara tegas menyampaikan hal tersebut.

“Kami punya roadmap, tapi kalau kapan siapnya masih belum bisa disampaikan. Kita urus semuanya satu per satu,” ungkap Makmur, COO PT HMID di sela-sela pameran di JiExpo, Kemayoran, Jakarta.

Diproduksinya Hyundai Ioniq 5 di Tanah Air sebenarnya terbilang masuk akal. Terlebih saat ini Hyundai tengah membangun pabrik di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat untuk memproduksi mobil termasuk kendaraan listrik.

“Hyundai Ioniq 5 adalah mobil yang dikembangkan dari 0 sebagai mobil listrik. Mobil ini menggunakan Electric Global Modular Platform (E-GMP) yang akan menjadi platform Hyundai dalam mengembangkan mobil listrik di masa depan,” ungkap Bonar Pakpahan, Assistant Manager of Product Planning PT HMID.

Hyundai Ioniq 5

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dibekali baterai berkapasitas 58 kWh untuk versi RWD dan 77,4 kWh untuk versi AWD.

Baterai ini memiliki keunggulan dari singkatnya waktu pengisian daya. Hyundai mengklaim bahwa, daya baterai bisa diisi dari 10% hingga 80% hanya dalam waktu 18 menit dengan menggunakan Ultra Fast Charging 350 kW DC.

Selain didukung oleh baterai yang mumpuni, mobil ini juga menghadirkan perfoma yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pada versi AWD, Hyundai Ioniq 5 diklaim mampu mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 5.2 detik dari posisi diam.

Performa tersebut bisa didapatkan, karena Hyundai Ioniq 5 didukung oleh dua motor listrik yang mampu memproduksi tenaga sebesar 301 hp dan torsi 605 Nm.

Namun, untuk Hyundai Ioniq 5 RWD yang memiliki kapasitas baterai lebih kecil, performanya sedikit lebih rendah. Meski begitu, mobil ini tetap mampu mencapai tenaga sebesar 168 hp dan torsi 350 Nm. [Adi/Ses]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang