Honda Mobilio Versi Major Change Berpotensi Punya Fitur Menyaingi Xpander

Berita Otomotif

Honda Mobilio Versi Major Change Berpotensi Punya Fitur Menyaingi Xpander

JAKARTA – Honda membuka kemungkinan untuk membubuhi Mobilio versi major change kelak dengan fitur yang tak kalah lengkap dari para kompetitornya di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Fitur-fitur di segmen tersebut memang makin mentereng sejak kedatangan dua pemain baru, Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero, pada Agustus 2017. Bukan sekadar airbag atau sistem pengereman ABS, ada tambahan-tambahan seperti Start/Stop Button, Cruise Control, Hill Start Assist, Active Stability Control pada Xpander maupun Tire Pressure Monitoring System (TPMS) serta Head Unit lebih mumpuni pada Confero.

“Kalau bicara fitur, Mobilio itu datang lebih awal dengan fitur-fitur lebih banyak dari yang lain. Waktu kami meluncurkannya (pada 2014), fitur kami banyak... Otomatis kalau kompetitor datang, fitur mereka lebih banyak,” kata Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor (HPM) menanggapi keunggulan fitur kedua model itu di sela-sela Uji Keiritan Honda Mobilio facelift pada pertengahan pekan ini di Ancol, Jakarta.

Para pemain lama sendiri bergerak cepat menyegarkan diri sejak permulaan 2018 hingga awal 2019. Suzuki Ertiga merilis generasi baru pada April 2018 disusul versi facelift pada Februari 2019, Toyota Avanza serta Daihatsu Xenia facelift mengaspal pada Januari 2019, All-New Nissan Livina plus Honda Mobilio facelift mengaspal pada bulan kedua tahun ini.

Dari semua itu, hanya Toyota Avanza facelift, Daihatsu Xenia facelift, serta Honda Mobilio facelift yang ubahan fiturnya paling sedikit, hanya Head Unit. Pemain-pemain lain menawarkan fitur anyar lebih banyak, khususnya di sektor keselamatan aktif maupun konektivitas.

Meski demikian, Avanza maupun Xenia mengubah tampilan eksterior secara radikal. Mobilio facelift hanya melakukan diferensiasi dari sisi aksesoris.

“Pengaplikasian fitur baru kadang-kadang harus dilakukan saat full model change, tidak bisa tiba-tiba. Bisa saja versi major change Mobilio nanti melakukannya,” tukas Jonfis.

Di antara para pemain lawas di segmen LMPV, usia Mobilio adalah yang paling muda. Avanza – Xenia ada sejak 2004, Livina muncul pertama kali pada 2007, sedangkan Ertiga hadir mulai 2012.

Mobilio baru hadir pada 2014. Versi major change hadir tiga tahun kemudian. Honda sendiri sudah punya rencana untuk versi major change selanjutnya.

“Rencana ada tapi saya belum bisa beritahu,” tandas Jonfis. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support