Honda Siap Produksi 180 Ribu Unit Per Tahun

Berita Otomotif

Honda Siap Produksi 180 Ribu Unit Per Tahun

KARAWANG - Dalam 5 tahun ke depan, PT Honda Prospect Motor (HPM) siap menaikan kapasitas produksi dari 120 ribu unit menjadi 180 ribu unit per tahun.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Marketing & Aftersales Service HPM, Jonfis Fandi. Untuk mewujudkan produksi 180 ribu unit, pihaknya siap menggelontorkan investasi jangka panjang sebesar Rp 4,8 triliun.

"Kita prediksi penjualan otomotif Indonesia akan terus meningkat dan ini akan seiring dengan penjualan produk-produk Honda. Kesempatan ini kita ambil untuk meningkatkan jumlah produksi," jelas Jonfis di sela-sela acara seremoni produksi ke-1 juta unit di pabrik HPM Karawang, JAwa Barat (27/02/2017).

Dalam rencana tersebut ada 3 hal pokok untuk melakukan pengembangan pabrik. Pertama adalah peningkatan kapasitas Engine Plant yang pada akhir 2019 mencapai 300 ribu unit per tahun.

Disusul oleh peningkatan kapasitas Frame Line yang semula 120 ribu menjadi 180 ribu unit per tahun di pabrik kedua pada April 2021. Dan kemudian disusul oleh peningkatan kapasitas PO Injection Plant pada Maret 2022.

Untuk diketahui, pencapaian produksi HPM hari ini yang telah mencapai 1 juta unit dalam waktu 14 tahun sejak dimulainya produksi di pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat. Pencapaian ini tak lepas dari penambahan investasi untuk melakukan penambahan fasilitas.

"Berdirinya pabrik crank shaft untuk memenuhi peraturan pemerintah terhadap mobil LCGC. Ini juga menjadi bagian dari komitmen Honda untuk memproduksi lebih banyak komponen dan SDM lokal," jelas Tomoki Ucida, Presiden Direktur HPM.

Pabrik Crank Shaft yang baru pada September 2016 lalu memiliki kapasitas produksi hingga 240 ribu unit per tahun. Dengan total investasi mencapai Rp 228 Miliar, fasilitas ini menerapkan teknologi canggih dan mesin presisi tinggi yang ramah lingkungan.

Dan untuk diketahui, saat ini, produk-produk yang diproduksi HPM telah memiliki kandungan lokal hingga maksimal 87%. 

Tak hanya dari kuantitas, Honda juga telah meningkatkan nilai ekspor menjadi lebih dari Rp 2,2 Triliun pada 2016 dari sebelumnya sebesar Rp 1,8 Triliun. Di 2017, Honda kembali meningkatkan kuantitas ekspor menjadi hampir 10 ribu kontainer dengan nilai lebih dari 2,5 Triliun Rupiah. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support